Prof. Umi Widyastuti: Optimalisasi Penta Helix Kunci Kesejahteraan Keuangan

0
32

EDURANEWS, JAKARTA. Topik kesejahteraan keuangan menjadi isu global terutama ketika di masa covid 19 yang mengakibatkan banyaknya orang-orang kehilangan pekerjaan. Hal itulah yang coba diuraikan Prof. Umi Widyastuti dalam orasi ilmiahnya bertajuk “Menciptakan  Kesejahteraan Keuangan  Personal: Optimalisasi Peran Penta Helix dalam Ekosistem Keuangan”  di Aula Latief Hendraningrat Gedung Dewi Sartika UNJ (16/11).

Apalagi ini berkaitan dengan penduduk Indonesia yang banyak dihuni para generasi milenial dan z yang menjadi sandwich generation. Mereka banyak terjebak dalam masalah kesulitan keuangan. Dari riset terungkap bahwa 82 orang persen dewasa merasa  sangat khawatir tentang dampak finansial. 

Prof. Umi Widyastuti menjelaskan perilaku keuangan ini berkaitan dengan pengelolaan uang dan literasi keuangan. Kini literasi keuangan digital lebih banyak didukung dengan teknologi yang dapat diakses individu. Yang dapat diarahkan ke perilaku keuangan ke arah positif. Literasi keuangan digital berkaitan dengan konsep literasi digital dengan literasi keuangan.

Prof. Umi Widyastuti percaya literasi keuangan akan optimal dengan mengoptimalkan peran penta helix dalam ekosistem keuangan yakni; personal factor, keluarga, lembaga pendidikan, pemerintah, dan penyedia layanan FinTech.

Literasi keuangan dapat diwujudkan dari keluarga. Mereka dapat belajar literasi keuangan yang memudahkan mereka dalam mengelola keuangan yang akan berpengaruh pada kesejahteraan keuangan. Pendidikan formal juga memiliki andil dalam literasi keuangan.Pendidikan keuangan dapat diselenggarakan secara terstruktur melalui kurikulum dan pembelajaran di kelas. 

Pemerintah juga harus mendorong masyarakat dalam inklusi keuangan dengan kemudahan dalam mengakses jasa keuangan. Serta FinTech yang semakin beragam memudahkan masyarakat dalam mengelola keuangan melalui platform digital.