Prodi Pend. Agama Islam FIS UNJ Kembangkan Profesionalisme Guru SMAN 100 Jaktim

0
26

EDURANEWS, JAKARTA: Dalam wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan dan pengajaran, darma penelitian, dan darma pengabdian kepada masyarakat, Prodi Pend. Agama Islam, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta menyelenggarakan pengabdian di SMAN 100 Jakarta Timur (17/05).

Kegiatan dimulai dengan sambutan Koordinator Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta Dr. Izzatul Mardhiah, M.A.

Kemudian dilanjutkan sambutan oleh bapak Muhammad Khodik Al Fahmi, S.Pd.I selaku ketua MGMP Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Jakarta Timur dan dilanjutkan oleh ibu Gusniar Tamba M.Pd selaku Kepala Sekolah SMAN 100 Jakarta Timur

Tema yang diusung pada pengabdian masyarakat di Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan Agama Islam (PAI) Jakarta Timur adalah “Pendampingan Penelitian Tindakan Kelas Untuk Pengembangan Profesionalisme Guru PAI Jakarta Timur”.

Adapun narasumber pada program ini adalah dosen PAI UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yakni ibu Dr. Heny Narendrany Hidayati, S.Ag., M.Pd para dosen dari Prodi PAI. Di antaranya, Dr. Amaliyah, MA dan Suci Nurpratiwi, M.Pd Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta.

PENGUATAN PROFESSIONALISME

Dosen dan mahasiswa UNJ berfoto dengan guru dan siswa SMAN 100 Jakarta Timur

Salah satu materi yang disampaikan adalah “Penguatan Profesionalisme dalam bidang penelitian khususnya penelitian tindakan kelas dapat dilaksanakan dengan pendampingan dan refleksi atas ketercapaian yang sudah dilakukan oleh bapak/ibu guru dalam melalkukan penelitian tindakan kelas ” oleh Dr. Amaliyah, M.A

Amaliyah menekankan permasalahan ataupun kesulitan dalam membuat proposal atau melaporkan hasil penelitian dapat diatasi dengan cara memperhatikan standar penelitian tindakan kelas yang telah dibuat oleh Kemendikbud terdapat pada buku 4 Pedoman Kegiatan Pengembangan Kerpofesian Berkelanjutan “

“Dengan program penguatan profesionalisme melalaui pendampingan penelitian tindakan kelas yang dimotori oleh Prodi PAI FIS UNJ, guru-guru PAI dapat menyelesaikan problematika pembelajaran di kelas, dan menghasilkan sebuah karya ilmiah yang dapat berkontribusi pada lembaga pendidikan dan juga masyarakat pada umumny,” ujarnya menjelaskan.