UNJ Studi Banding ke UM, Perkuat Strategi Menuju Universitas Kelas Dunia

0
39

EDURANEWS, JAKARTA: Universitas Negeri Jakarta (UNJ) melakukan studi banding (benchmarking) ke Universitas Negeri Malang (UM) pada 10 – 13 Agustus 2023. Pada kegiatan studi banding ini, UNJ berdiskusi dengan para perwakilan pimpinan UM mengenai strategi pencapaian World Class University (WCU).

Pada kegiatan ini, dari UNJ dihadiri oleh Prof. Komarudin selaku Rektor UNJ, Prof. Muchlas Suseno, Ahmad Tarmiji Alkhudri, Syaifudin, Fauzi Abdillah, dan Asep Rudi Casmana.

Sementara dari UM dihadiri oleh I Wayan Dasna, Ph.D selaku Sekretaris Universitas, Yuni Rahmawati selaku Direktur Data dan Informasi, Pemeringkatan, Hubungan Masyarakat, dan Kerjasama, Prof. Hadi Nur selaku Kepala UPT Laboratorium Terpadu, dan para dosen sebagai Tim WCU UM.

Suasana diskusi World Class University, Rektor UNJ Prof. Dr Komarudin, M.Si sedang berdikusi dengan tim Universitas Negeri Malang

Pada kegiatan ini, I Wayan Dasna mengatakan bahwa perubahan UM menjadi PTNBH tentu diawal terdapat tantangan, namun hal tersebut dapat kita atasi berkat kolaborasi dan keseriusan dalam tata kelola. UM terus berkomitmen untuk masuk dalam jajaran universitas di Indonesia dalam kancah internasional, khususnya dalam daftar ranking QS WUR.

Guna mendukung keberhasilan UM dalam percepatan global competitiveness di QS WUR, beberapa regulasi dan kebijakan UM telah disesuaikan dengan memasukan internasionalisasi dan program strategis terkait QS WUR dan THE sebagai bagian penting. Semoga UNJ dapat lancar dan sukses dalam mencapai PTNBH dan WCU, ungkap I Wayan Dasna.

Selain itu juga, Prof. Hadi Nur selaku Kepala UPT Laboratorium Terpadu UM turut memaparkan materi tentang strategi UM mencapai WCU. Prof. Hadi Nur mengatakan bahwa strategi WCU antara lain memperkuat kemitraan strategis dengan kampus yang sudah WCU di luar negeri, seperti di level Asia, dan memperkuat signal kampus seperti memperkuat website akademik, kurikukulum, teaching seperti contohnya website Harvard University.

Lalu untuk WCU mau ikut model Singapura dengan konsep nation building, atau Australia dengan komersialisasi, dan Jerman serta Jepang yang berkonsep soft power, ungkap Prof. Hadi Nur.

Pada kesempatan ini Prof. Komarudin mengatakan bahwa UNJ selain akan menuju PTNBH juga berkomitmen untuk menjadikan UNJ sebagai WCU. Oleh karena itu kita selain menyiapkan diri juga perlu belajar dari kampus – kampus yang memang jadi best practice WCU, salah satunya UM.

Apalagi UM ini merupakan kampus eks-IKIP yang tentu memiliki kesamaan dengan UNJ. Terima kasih kepada para pimpinan UM yang sudah mau berbagi pengalaman tentang strategi pencapaian WCU. Hal ini sangat berguna bagi UNJ sebagai langkah menuju WCU, ungkap Prof. Komarudin.

Posisi UNJ saat ini terus meningkat reputasi dan prestasinya, selain itu juga kita terus meningkatkan jejaring kerjasama dengan berbagai universitas, baik nasional maupun internasional.

Untuk internasional diantaranya UNJ sudah menjalin kerjasama dengan Education University of Hongkong, Asia University, INTI Internasional University, Universitas Teknologi Malaysia, KADIR HAS University Turkie, Konstanz University, Leipzig University, Nanyang Polytechnic Singapura, Universitas Malaysia Sabah, National Taipei University of Education, Gyeongsang National University Korea, Saga University Jepang, dan masih banyak lagi.

Dengan berbagai potensi dan jejaring yang sudah dibangun UNJ saat ini, semoga dapat menjadi modal untuk UNJ mewujudkan WCU, ungkap Prof. Komarudin.