Program S3 Manajemen Pendidikan UNJ Berdayakan Guru di Pesantren Al-Ashriyyah Nurul Iman

0
95

EDURANEWS, BOGOR: Program Studi S3 Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Jakarta mengadakan kegiatan pengabdian pada masyarakat (P2M) berupa Workshop Supervisi Akademik dalam Perbaikan Mengajar Guru di Era Merdeka Belajar. 

Acara yang berlangsung pada hari Sabtu, 22 Juli 2023, ini berhasil menarik antusiasme puluhan guru dari Pondok Pesantren Al-Ashriyyah Nurul Iman Islamic Boarding School di Parung, Bogor, Jawa Barat.

Mahasiswa S3 Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Jakarta

Workshop ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di pondok pesantren dengan memberikan pemahaman yang mendalam tentang konsep supervisi akademik yang efektif. 

Para peserta, yang mayoritas merupakan para pengajar dari berbagai jenjang pendidikan diberikan kesempatan untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang teknik supervisi yang tepat, memberikan umpan balik yang konstruktif, dan mendukung pertumbuhan profesionalisme para guru.

Ketua Program Studi S3 Manajemen Pendidikan dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan pengabdian ini merupakan wujud nyata dari komitmen Universitas Negeri Jakarta dalam memberikan kontribusi positif bagi dunia pendidikan di masyarakat. “

Kami percaya bahwa penguatan kualitas pengajaran guru sangat penting dalam menyongsong Era Merdeka Belajar yang menuntut pendekatan yang inovatif dan adaptif,” ungkap Prof. Dr. Suryadi.

Penyerahan kenang-kenangan P2M Program Doktor Manajemen Pendidikan UNJ

Workshop yang berlangsung selama satu hari ini dilaksanakan dengan pendekatan interaktif, di mana para peserta diajak untuk terlibat aktif dalam berbagai diskusi, simulasi, dan studi kasus. Hal ini bertujuan untuk memastikan mereka dapat langsung mengaplikasikan materi yang dipelajari ke dalam konteks nyata di lingkungan pendidikan.

Selain memberikan pemahaman tentang supervisi akademik, para peserta juga mendapatkan kesempatan untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman. Kolaborasi ini diharapkan dapat memperkaya wawasan mereka dalam menghadapi beragam tantangan yang dihadapi dalam mendidik generasi muda di era yang serba cepat dan kompleks ini.

Dalam sambutannya, Pimpinan Yayasan Al-Ashriyyah Nurul Iman, menyampaikan apresiasi yang tinggi atas inisiatif dari Program Studi S3 Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Jakarta dalam menyelenggarakan kegiatan ini. 

Penampilan seni budaya

“Kami berharap kerjasama ini dapat berlanjut ke depannya dan semakin mempererat hubungan antara lembaga pendidikan dengan dunia akademisi,” ujar Dr. (Can) Habib Muhammad Waliyullah Bin Syekh Habib Saggaf Bin Mahdi Bin Syekh Abu Bakar Bin Salim, M. Ag. 

Ia juga menyampaikan harapan pada kegiatan ini akan memberikan dampak positif dan berkesinambungan bagi pengembangan kualitas pendidikan di Pondok Pesantren, sehingga guru dapat lebih siap dan mampu menghadapi tantangan pendidikan yang semakin dinamis.