Pemilihan Rektor UNJ Periode 2023-2027 Masuki Tahap Akhir, Civitas Akademika Mendukung Siapapun yang Terpilih

0
62

EDURANEWS, JAKARTA: Universitas Negeri Jakarta menyelenggarakan Pemilihan Rektor UNJ Periode 2023-2027 yang telah memasuki tahap final. Agenda tersebut berjalan dalam rapat tertutup senat UNJ di Aula Latief Hendraningrat, Gedung Dewi Sartika Lt 2 Kampus A UNJ (17/07).

Sebelumnya, dalam tahapan penyaringan dan penetapan (13 Juni 2023), rapat tertutup senat UNJ menetapkan tiga bakal calon yaitu Prof. Dr. Komarudin, M.Si., Prof. Dr. Ucu Cahyana, M.Si, dan Dr. Muhammad Yusro, M.Pd., MT., Ph.D. 

Nama tersebut telah mengerucut dari empat bakal calon yang mendaftar bakal calon Rektor UNJ Periode 2023-2027.

Pemilihan ini disiarkan secara publik melalui platform YouTube Edura TV UNJ. Audiensi dapat melihat secara realtime proses pemilihan yang berjalan tertutup di forum senat. 

Hal itu untuk menjawab banyak permintaan dari segenap civitas akademika UNJ agama pemilihan rektor berjalan demokratis dan transparan.

Terdapat 74 orang anggota senat yang memiliki hak suara. Namun, dalam pantauan langsung Eduranews secara langsung di ruangan, sebanyak satu orang anggota senat berhalangan hadir. Sehingga surat suara yang terealisasi hanya 73 orang.

Catatan penting, senat universitas memiliki kontribusi suara sebanyak 65% terhadap bakal calon. Sementara kementerian memiliki kontribusi suara sebanyak 35% terhadap bakal calon atau setara dengan 40 hak suara.

Karena anggota senat satu orang berhalangan hadir, maka suara kementerian dikurangi 1 menjadi 39 hak suara. Jadi total hak suara yang terealisasi sebanyak 112 suara yang menentukan.

Para pendukung calon rektor turut menyaksikan nonton bareng pemilihan rektor

Dalam pantauan berjalan melalu kolom komentar platform YouTube Edura TV UNJ, terlihat civitas akademika mendukung siapapun yang terpilih menjadi rektor kelak.

Akun Siti Aesijah berkomentar “Saya sebagai alumni UNJ Mengharapkn siapapun Rektor UNJ periode 2023-2027: amanah, membawa UNJ go internasional dan mendidik guru2 yg profesional , membawa indonesia mjd negara yg maju dan berbudaya.

Kemudian, ada juga akun Rizky Allianz Fauzi yang berkomentar “Siapapun yg terpilih semoga amanah dan membawa UNJ lebih baik lagi hingga tingkat dunia. Aamiin.