UNJ Menjadi Tuan Rumah Konferensi Internasional “The 3rd Science and Mathematics International Conference (SMIC) 2022”

0
159

EDURANEWS, JAKARTA: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA, Universitas Negeri Jakarta menyelenggarakan seminar internasional di Avenzel hotel and Convention Center, Cibubur, Bekasi (07/09).

Panitia, yang terdiri dari dosen, karyawan, dan mahasiswa, berfoto bersama dengan para pembicara

Adapun panitia mengambil tajuk “Emerging Post Pandemic: Trends of Research and Education in Mathematics and Science”.

Acara ini mengundang 12 pembicara di bidang matematika, ilmu pengetahuan alam, dan pendidikan sains. Sementara negara yang turut bergabung dalam agenda ini berjumlah delapan (Prancis, Jepang, Turki, Taiwan, malaysia, new Zealand, Singapura, dan Austria).

Ketua Pelaksana Ns. Sri Rahayu, M.Biomed. menyatakan konferensi ini selain mempresentasikan berbagai temuan penelitian, juga mempertemukan akademisi, praktisi, industri, dan mahasiswa. Mereka saling berinteraksi untuk pengembangan ilmu pengetahuan.

Selain itu, mereka juga secara aktif mendiskusikan tren apa yang akan terjadi di masa yang akan datang. Mereka membentuk suatu komunitas yang saling bersinergi bersama.

Sesi paralel dengan Invited Speaker

Dalam laporan, Sri menjelaskan konferensi ini telah berhasil menghimpun 200 hasil penelitian dari delapan negara (Australia, Fiji, India, Indonesia, Malaysia, Nigeria, Filipina, dan Taiwan).

Semua hasil penelitian tersebut akan dipublikasikan dalam bentuk prosiding di American Institute of Physics (AIP).

Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Profesor Muktiningsih mengatakan konferensi internasional merupakan bagian dari pengejawantahan visi Fakultas MIPA sebagai unggulan di Asia.

Profesor Muktiningsih mengatakan konferensi ini bisa menjadi salah satu kontribusi  untuk meningkatkan kualitas penelitian dan publikasi dosen kami dan mahasiswa.

Selain itu, konferensi ini juga memungkinkan para peneliti di seluruh dunia untuk berbagi temuan dan menginspirasi semua peserta lainnya.

Rektor Universitas Negeri Jakarta Profesor Komarudin mengatakan konferensi ini sangat berguna dalam mencari solusi kehidupan pasca pandemi Covid-19. Dia berharap hasil penelitian ini dapat membawa perubahan dan transformasi ke arah yang lebih baik.

Acara ini diselenggarakan dengan kerjasama dengan University Technology Malaysia. Adapun keynote speaker dalam acara ini yaitu Prof Neil Dodgson, Ph.D. dari Victoria University of Wellington, New Zealand, Ong Yann Shiou dari Nanyang Technological University, Singapore, Prof. Dr. Hesham Ali El Enshasy dari University of Technology Malaysia, dan Prof. Dr. Muktiningsih, M.Si dari Universitas Negeri Jakarta, Indonesia. 

Para operator sedang mengatur peserta melalui aplikasi daring

Adapun invited speaker yang berlangsung secara paralel melalui ruang yang berbeda yaitu:

Parallel session 1, Prof. Yusaku Fujii, Ph.D. (Gunma University, Japan), Prof. Dr. Siti Zubaidah, M.Pd. (Universitas Negeri Malang, Indonesia), dan Prof. Jungshan Chang, Ph.D. (Taipei Medical University, Taiwan)

Parallel session 2, Prof. Abdallah Makhoul, Ph.D. (University of FrancheComté, France), Assoc. Prof. Dr. Bekir Yildirm (Mus Alparslan University, Turkey),  Prof. Dr. Jalifah Binti Latip (Universiti Kebangsaan Malaysia, Malaysia), Prof. Dr. Ir. Sudarsono, M.Sc. (IPB University, Indonesia).