Pembinaan Profesi Guru Berkelanjutan Jadi Kunci Tata Kelola Guru Nasional

0
210

EDURANEWS, JAKARTA: Peran guru dalam pendidikan sangat penting. Namun, pembinaan guru sebagai pendidik yang ada pada tata kelola guru belum sepenuhnya maksimal. Sampai saat ini nasib guru masih di bawah pengaturan undang-undang belum bisa mewakili aspirasinya.

Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Prof. Dr. Unifah Rosyidi, M.Pd. mengatakan solusi kunci dari  Tata Kelola Guru Nasional adalah Pembinaan Profesi Guru Berkelanjutan.

“Bila pemerintah tidak memprioritaskan kesejahteraan guru maka profesi ini tidak akan tertarik di mata anak-anak muda generasi penerus. Situasi ini akan mengkhawatirkan bila terjadi di masa depan. Terutama nasib pendidikan karena akan kehilangan masa depan yang potensial.”

Apalagi Indonesia akan dihadapkan dengan bonus demografi. Pendidikan menjadi penting karena akan menentukan kualitas hidup masyarakat Indonesia.

Lebih lanjut, Profesor Unifah mengatakan kritiknya pada RUU Sisdiknas yang pelan-pelan mengesampingkan peran Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) dari pusaran pendidikan nasional.

“Padahal muara mutu pendidikan adalah perhatian dan pengaturan yang jelas dan komprehensif terhadap LPTK dan Guru.”

Profesor Unifah, yang juga guru besar Universitas Negeri Jakarta, mengatakan dalam RUU SIsdiknas hal itu belum jelas dan gamblang diatur, bahkan tidak mendapat tempat.

Hal itu disampaikan ketika menjadi pembicara pada Webinar Nasional Dies Natalis ke-41 Universitas PGRI Semarang. Tajuk diskusi bertema “Menakar Sistem Pendidikan Nasional”.