Pengabdian Masyarakat Kolaboratif FIS UNJ lewat Edukasi Masyarakat Bidara Cina

0
250

 

EDURANEWS, JAKARTA— UNJ diwakili Fakultas Ilmu Sosial melaksanakan Pengabdian Masyarakat Kolaboratif di Aula Kelurahan Bidara Cina, Jatinegara, Jakarta Timur (05/07).

Dosen Pendidikan Geografi dan Pendidikan Agama Islam terjun ke masyarakat untuk memberikan edukasi tentang penguatan peran masyarakat dalam membangun ketahanan lingkungan masyarakat Bidara Cina dalam adaptasi dan mitigasi bencana banjir.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini juga berkolaborasi dengan dosen Teknik Lingkungan Institut Kesehatan dan Teknologi Jakarta (IKTJ DKI).

Pelibatan masyarakat pada kegiatan ini berjumlah 30 orang meliputi ketua RT dan RW serta masyarakat terdampak banjir.

Kegiatan ini dibuka oleh Lurah Bidara Cina, Suhartono, S.Ap., dalam sambutannya, Suhartono menyampaikan bahwa peran perguruan tinggi dibutuhkan oleh masyarakat Bidara Cina.

“Masyarakat Bidara Cina membutuhkan peran perguruan tinggi untuk dapat memberikan edukasi dan inovasi serta pendampingan berkelanjutan,” ujarnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan edukasi oleh dosen Pendidikan Agama Islam, Sari Narulita. Ia menyampaikan materi tentang penguatan literasi iklim melalui pendekatan agama.

Dosen Pendidikan Agama Islam UNJ lainnya, Rihlah Nur Aulia, juga menyampaikan materi dengan metode brainstorming tentang apa dan bagaimana peran masyarakat Bidara Cina dalam mitigasi dan adaptasi bencana banjir.

Penyampaian edukasi dilanjutkan oleh Faisal M. Jasin, dosen Teknik Lingkungan Institut Kesehatan dan Teknologi Jakarta (IKTJ DKI). Ia menyampaikan materi tentang upaya meningkatkan ketahanan lingkungan masyarakat bantaran sungai ciliwung dalam menghadapi perubahan iklim.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini ditutup dengan materi pemetaan partisipatif jalur evakuasi banjir di wilayah Bidara Cina oleh Rayuna Handawati, Dosen Pendidikan Geografi. Sekaligus pengesahan hasil produk peta jalur evakuasi banjir karya dosen dan mahasiswa Pendidikan Geografi FIS UNJ.