Prof. Uyu Wahyudin: Pendidikan Masyarakat Perlu Berani dan Solutif dalam Pemberdayaan Masyarakat

0
180

EDURANEWS, JAKARTA– Fakultas Ilmu Pendidikan menyelenggarakan Seminar Internasional Pendidikan Masyarakat 2022 yang dilaksanakan di Aula Latief, Gd. Dewi Sartika UNJ (14/05). Kegiatan ini dilaksanakan secara hybrid.

Seminar Internasional ini menghadirkan dosen Pendidikan Masyarakat UPI, Prof. Uyu Wahyudi sebagai pembicara ahli.

Prof. Uyu menjabarkan banyak gagasan untuk memberdayakan masyarakat. Diawali dengan program pengabdian masyarakat oleh mahasiswa yang sudah dilakukan sejak 2012.

Tidak hanya dari mahasiswa yang melakukan pemberdayaan masyarakat. Prof. Uyu juga menggagas Sakola Desa berbasis digital yang merupakan kolaborasi masyarakat dan pemerintah desa untuk pemberdayaan.
“Desa sebagai miniatur negara maka organ-organ yang ada harus berjalan seperti bumdesnya, UMKM, pamong desa, dsbnya,” Ujarnya.

Prof. Uyu juga mengingatkan perlunya keberanian dalam bertindak di masyarakat untuk mengentaskan permasalahan di masyarakat seperti kemiskinan dan pengangguran.

Solusi yang ditawarkan untuk pengangguran yaitu pelatihan bersertifikat berkurikulum KBK dan Cafetaria yang nantinya dapat langsung bekerja.

Prof. Uyu berharap Akademisi Pendidikan Masyarakat Indonesia (Apenmasi) dapat berperan dalam permberdayaan di masyarakat dengan berbagai program berkualitas.

Seminar Internasional ini mengangkat tema “The Capstone of Collaboration and Innovation to Empowerment for All People” dan menghadirkan banyak pembicara ahli dalam kegiatannya.