Bedah Buku Pembiayaan UMKM oleh Dr. Iskandar Simorangkir di Economics Expo FE 2022

0
215

EDURANEWS, JAKARTA- Fakultas Ekonomi mengadakan acara Economics Expo FE 2022 yang telah dilaksanakan secara daring (19/05).

Economics Expo FE menghadirkan Dr. Iskandar Simorangkir, S.E., M.A., C.R.G.P., yang merupakan Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Dr. Iskandar menjadi narasumber dalam Diskusi Panel Academy’s Talk membahas kajian buku berjudul Pembiayaan UMKM. Buku ini ditulis oleh Dr. (H.C) Ir. Airlangga Hartarto, M.B.A., M.M.T., I.P.U.

Buku ini menjelaskan secara detail mengenai UMKM, mulai dari peranan UMKM terhadap perekonomian di berbagai negara, perkembangan UMKM di Indonesia, dan berbagai kebijakan terhadap UMKM yang telah diterapkan di Indonesia pada masa lalu.

Menurut Dr. Iskandar, sektor UMKM merupakan sektor yang penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi. Dapat dilihat dari perkembangan UMKM di berbagai negara salah satunya yaitu Jepang.

Sektor UMKM di Jepang menyumbang peranan besar dalam pertumbuhan ekonomi sebagai sarana memperluas produksi bagi perusahaan besar.

Indonesia dapat mempelajari terkait kebijakan yang diterapkan di berbagai negara terhadap UMKM dan dapat mempelajari kembali serta mengembangkan kebijakan yang sudah pernah diterapkan di Indonesia.

Jumlah UMKM yang dominan di Indonesua memiliki potensi besar dalam mendorong pertumbuhan ekonomi. UMKM di Indonesia juga menyerap banyak tenaga kerja.

Dr. Iskandar yakin buku ini dapat memberikan pembelajaran dan pengetahuan terkait UMKM dan pengembangannya.
“Saya yakin buku ini sangat bermanfaat karena menceritakan pengalaman kita pada masa lalu (terkait kebijakan terhadap UMKM) dan kita bisa belajar dari negara lain sehingga kita bisa mengembangkan UMKM menjadi lebih baik produktivitasnya,” ujar Dr. Iskandar dalam pemaparan materinya.

Kegiatan Economics Expo FE 2022 merupakan rangkaian acara dari peringatan Dies Natalis Fakultas Ekonomi ke 17.

Economics Expo FE 2022 mengangkat tema “Bersinergi dalam Diversitas, Semangat, dan Inovasi”.

Tema tersebut diangkat sebagai bentuk komitmen Fakultas Ekonomi untuk tetap bersinergi dalam keragaman dan terus berupaya mengembangkan SDM unggul, kreatif, dan inovatif secara berkelanjutan melalui Tri Dharma Universitas.