Ustaz Adi Hidayat: Silaturahmi Menghubungkan Kebaikan, Refleksi Universitas Kedepankan Keunggulan Riset

0
484

EDURANEWS, JAKARTA: Universitas Negeri Jakarta menyelenggarakan Hibrid Silaturahmi Hari Raya Idulfitri 1433 H. Tema yang diangkat adalah “Perkuat Silaturahmi untuk Membangun Universitas Negeri Jakarta Unggul, Mandiri dan Bereputasi”.

Ustaz Adi Hidayat mengatakan kata “silaturahmi” walaupun singkat memiliki makna yang mendalam dan bermakna sangat filosofis. Akar katanya adalah “silah” dan “rahim” yang artinya menghubungkan kebaikan.

“Maka sebelum menghubungkan kebaikan dengan sesama manusia, otomatis haruslah terlebih dahulu memperbaiki hubungan dengan Allah SWT secara spiritual.”

Dia lanjutkan, dalam kondisi demikian, orang yang terhubung dengan Tuhan-nya akan baik pula hubungan dengan sesama manusia. Nilai-nilai ketuhanan akan masuk dalam hubungan sosial. Karena Sang Pemilik-nya adalah Allah SWT.

Selain itu, Ustaz Adi Hidayat juga sejarah universitas yang dalam bahasa arab berarti “Jamiah”. Secara harfiah dapat diartikan juga tempat berkumpul.

University of Al-Qarawiyyin atau Universitas Al Karaouine di Maroko

Dalam sejarahanya, University of Al-Qarawiyyin atau Universitas Al Karaouine di Maroko dinobatkan sebagai universitas tertua di dunia. Perguruan tinggi ini berdiri pada 859 Masehi di Kota Fez.

Sang Pendiri Fatima al-Fihri menggunakan harta warisannya untuk mendanai pembangunan masjid untuk masyarakatnya dengan dengan dilengkapi sekolah Islam yang dikenal sebagai madrasah. Nama masjid diberi nama dari kota Kairouan, Tunisia, kota asalnya sebelum hijrah ke Maroko.

“Maka karena dalam sejarahnya universitas berawal dari Masjis, maka seharusnya universitas harus mengedepankan nilai-nilai spiritual dan kebajikan beragama.”

Ustaz Adi Hidayat juga mengatakan University of Al-Qarawiyyin atau Universitas Al Karaouine di Maroko juga menjadi rumah lahirnya ilmuan dunia seperti Ibnu Kholdun. Dulunya universitas ini maju berkat risetnya.

“Maka UNJ ke depan jika ingin menjadi universitas berkelas dunia harus mengedepankan riset.”

Diharapkan dengan kegiatan ini ikatan persaudaraan antar pimpinan, dosen, pegawai, dan mahasiswa dapat terjalin dengan baik. Karena itu yg menjadi modal ke depan menjadi universitas unggul.

Acara ini juga merupakan bagian dari perayaan Dies Natalis Universitas Negeri Jakarta ke 58 tahun 2022 dengan tema “Universitas Negeri Jakarta Unggul, Mandiri, Bereputasi”.

Hibrid Silaturahmi ini diselenggarakan di Arena Gedung Olahraga UNJ (12/05). Dihadiri oleh segenap civitas akademika dan tamu undangan sebanyak kurang lebih 300 orang.

Acara ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan karena masih memerhatikan wahan Pandemi Covid 19.

Kegiatan ini rutin diselenggarakan setiap tahunnya pada perayaan Hari Raya Idulfitri. Seusai liburan dan mudik, ajang silaturahmi menjadi awal bertemunya civitas akademika UNJ untuk saling bermaafan.