UNJ Lakukan Penandatanganan Kerjasama dengan Pemda Subang Perkuat Pengembangan SDM dan Pariwisata

0
171

EDURANEWS, JAKARTA: Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dan Pemerintah Daerah Subang lakukan penandatanganan nota kesepahaman di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Kegiatan tersebut berlangsung di Pendopo Abdul Wahyan, Rumah Dinas Bupati Subang (04/02).

Rektor UNJ Prof. Dr. Komarudin, M.Si dalam kesempatan ini diwakili oleh Dr. Totok Bintoro M.Pd., Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama UNJ mengatakan kerjasama ini adalah upaya untuk mengaktualisasi Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam

Lebih spesifik menurut Totok, bahwa UNJ secara khusus juga akan terlibat melakukan pendampingan dan pemberdayaan desa wisata juga dalam rangka mengembangkan sumber daya manusia (SDM) di Subang.

Totok meyakini pengalaman pendampingan mengembangkan desa wisata di desa Cisaat-Subang, dapat menjadi model dalam melakukan pengembangan desa wisata lain di Subang.

Totok menambahkan bahwa pengembangan desa wisata di desa Cisaat kolaborasi antara UNJ dengan Dinas Pariwisata setempat memperoleh predikat 3 terbaik se-Indonesia dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.

Penandatanganan nota kesepahaman di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat

“Untuk itu UNJ sangat berkepentingan serta bergandengan tangan mengembangkan cakupan pendampingan agar lebih luas menjamak desa-desa lainnya yang memiliki potensi untuk dikembangkan di Subang,” katanya.

Selain itu, ia juga meminta izin kepada Bupati Subang H. Ruhimat agar diberikan izin mahasiswa kependidikan UNJ dapat melakukan praktek mengajar dan mahasiswa non-kependidikan dapat melakukan pengabdian masyarakat dalam seremonial penandatangan MoU itu.

“Mahasiswa akan memiliki pengalaman yang baik apabila memiliki kesempatan praktek lapangan,”katanya.

Totok memastikan Penandatanganan nota kesepahaman itu dirinya beserta jajaran tim UNJ secara tegas menyebut akan langsung menyusun draft yang akan disepakati bersama kedua belah pihak.

Ia berharap, dengan kerjasama ini, UNJ dapat mengimplementasikan ilmu yang dipelajari selama ini untuk dikembangkan kepada masyarakat. “kami selalu ingin mendekatkan diri dengan masyarakat,” katanya

Bupati Subang H. Ruhimat, S.Pd., M.Si.

Bupati Subang H. Ruhimat mengapresiasi terselenggaranya penandatanganan kerjasama antara Pemerintah daerah Subang dengan Universitas Negeri Jakarta. Menurutnya, kerjasama tersebut akan sangat bermanfaat untuk masyarakat Subang.

Ruhimat menjelaskan kekayaan potensi geografi daerah Subang tidak ada artinya bila tidak dipoles bagi peruntukan daerah wisata. Dirinya menjelaskan, kerjasama dengan UNJ merupakan potensi penting pengembangan sumber daya manusia melalui peran kampus.

“Kami bangga dengan UNJ bersedia untuk melaksanakan pengembangan ilmu pengetahuan mahasiswanya di Subang ini,” kata Ruhimat dalam sambutannya.