Kaleidoskop UNJ dalam Berita EduraNews

0
216

Kaleidoskop UNJ tahun 2021 merupakan kilas balik refleksi akhir tahun guna merekam pelbagai peristiwa penting di civitas akademika UNJ. Prestasi gemilang di tahun 2021 semakin menunjukan kredibilitas UNJ sebagai kampus bereputasi di kawasan Asia.

Prestasi itu diantaranya kehadiran atlet UNJ dalam perhelatan PON XX Papua. Mereka meraih 89 medali diantaranya 40 medali emas, terbitnya akreditasi international Agency for Quality Assurance by Accreditation of Study (AQAS) serta sukses selenggarakan olahraga bergengsi LPTK CUP 2021 menjadi juara umum merebutkan piala Menpora.

Januari

6 Januari 2021

UPT Perpustakaan UNJ mengadakan pelatihan daring cara mengakses pelbagai jurnal, buku, majalah melalui  e-resources Gale (6/1). Menghadirkan  Okkie S Budiman selaku marketing executive Cengage Learning. UNJ berlangganan e-resource Gale dalam bidang ilmu ekonomi, teknik, dan sosial selama satu tahun.

Para peneliti, dosen, dan mahasiswa dapat mengakses pelbagai jurnal, majalah, buku bahkan video yang berkaitan dengan subjek ilmu ekonomi, teknik dan sosial. Gale memberikan kemudahan dalam mengakses setiap materi yang ingin dijadikan bahan penelitian ataupun diskusi.

Februari

14 Februari 2021

Di Gelanggang Olahraga (GOR) UNJ, Rektor IPB University Prof. Arif Satria menjalani pertandingan persahabatan  bersama Rektor UNJ Prof. Komarudin. Kedua Rektor yang memiliki pasion bulutangkis itu berpasangan melawan pasangan Candra Wijaya dan Prof.Yoni. Pertandingan persahabatan menjadi momentum silaturahmi yang baik antar kedua perguruan tinggi. 

14 Februari 2021

UNJ berduka telah kehilangan tentara cum akademisi Prof. Syarifudin Tippe. Beliau dimakamkan Minggu 14 Februari 2021 di Taman Makam Pahlawan Nasional (TMP) Kalibata, Jakarta. Diketahui, Prof. Syarifudin Tippe lahir di Sinjai, Sulawesi Selatan 7 Agustus 1953. Dalam bidang akademik Prof. Syarifuddin Tippe adalah pendiri sekaligus rektor pertama Universitas Pertahanan (UNHAN).  Prof. Syarifuddin Tippe juga lulusan doktor dari UNJ. Home Base pertama Prof. Syarifuddin Tippe setelah alih status dari anggota TNI AD menjadi Dosen PNS di Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi UNJ. Prof. Syarifuddin Tippe memiliki keahlian penelitian dalam bidang pertahanan militer, manajemen strategis dan Sumber Daya Manusia (SDM).

28 Februari 2021

Rektor Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Profesor Komarudin melakukan pertandingan persahabatan (friendly match) badminton bersama Menteri Riset dan Teknologi Indonesia / Kepala Badan Riset Inovasi Nasional Indonesia Bambang Brodjonegoro di GOR UNJ. 

Maret 

1 Maret

Atase Imigrasi KBRI memiliki fungsi selain menerbitkan paspor dan visa adalah melakukan pelbagai aktivitas diplomasi budaya. Selain itu Atase Imigrasi juga memiliki peran utama dalam menjalankan fungsi perlindungan.

Peran Atase Imigrasi KBRI itu tercermin dalam Kuliah Umum bertajuk “Kebijakan Regulasi dan Pengalaman Praktisi Keimigrasian Atase Imigrasi Jerman, Belanda, Korea Selatan dan Australia dalam Mendukung Kerjasama Internasional”.

8-9 Maret

Pemilihan mahasiswa berprestasi (Mawapres) UNJ 2021 digelar pada tanggal 8 – 9 Maret 2021, di Aula Maftuchah Lt. 2 Gedung Dewi Sartika Kampus A UNJ.

Acara dilanjut dengan Presentasi Karya Tulis Ilmiah (KTI) oleh para peserta dengan Juri Dr. Aam Amaningsih Jumhur, M.T. untuk Juri Psikologi oleh Fellianti Muzdalifah, M.Psi , sedangkan untuk Juri Bahasa Inggris oleh Dr. Widya Parimita, S.E., MPA

25-27 Maret

The First HISPISI International Conference on Humanities, Education, Law, and Social Sciences (ICHELSS) secara resmi dimulai pada Kamis, 25 Maret 2021 di gedung University Training Center (UTC) Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Konferensi ini digelar selama tiga hari hingga Sabtu, 27 Maret 2021 mendatang.Pascasarjana UNJ di bawah kepemimpinan Prof. Nadiroh terus bergerak cepat dalam mempersiapkan visitasi akreditasi Internasional. 

31 Maret 2021

Pascasarjana UNJ membuat acara simulasi bertajuk “Workshop Simulasi Visitasi Akreditasi Internasional”. Workshop daring dan luring ini menghadirkan Nandi dari UPI untuk berbagi pengalaman dalam akreditasi Internasional AQAS. 

April

11 April 2021

Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menyelenggarakan Wisuda Virtual semester 113 Tahun Akademik 2020/2021. Sebanyak  2.187 peserta wisuda hadir secara daring. Rektor UNJ Profesor Komarudin memberikan orasi ilmiah bertajuk “Membangun Keadaban Masyarakat Digital dengan Pedagogi Transformatif -Rawamangun”. tema tersebut merupakan representasi atas kondisi tantangan era disrupsi dan dunia pasca pandemi yang tengah dihadapi dunia.

 

23 April 2021

Universitas Negeri Jakarta (UNJ) terus tumbuh dan berkembang untuk mempersiapkan diri menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN BH). Untuk mempersiapkan hal tersebut, UNJ melaksanakan Focus Group Discussion (FGD)  dengan tema “Strategi Menuju Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH)”. Acara diadakan secara luring dan daring, untung luring bertempat di  Gedung University Training Center (UTC), lantai 8 pada Jumat, 23 April 2021. 

Mei

04 Mei 2021

Kebutuhan akan transformasi media, UNJ dibawah kepemimpinan Rektor Prof. Komarudin luncurkan program tayangan edukasi melalui kanal youtube Edura TV. Atas peluncuran UNJ transformasi media tersebut, diharapkan dapat menjadi jawaban bagi UNJ dalam menindaklanjuti perkembangan TV digital.

05 Mei 2021

Universitas Negeri Jakarta selenggarakan seminar nasional Peta Jalan “Pendidikan Indonesia Menuju Tahun 2035.” Seminar nasional tersebut juga merangkum agenda MBKM (merdeka belajar-kampus merdeka). Peta jalan pendidikan memberi angin segar terhadap peningkatan kualitas pendidikan yang meliputi penyelarasan kebijakan yang tumpang tindih, pemulihan kesejahteraan guru, kompetensi guru, pengelolaan pendidikan, menyiapkan pendidik terbaik dan pelbagai persoalan pendidikan.

06 Mei 2021

Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan, Universitas Negeri Jakarta melakukan Penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama tentang peningkatan dan pengembangan sumber daya manusia melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo, Jepang.

20 Mei 2021

UNJ selenggarakan kegiatan dies natalis ke-57, kegiatan tersebut mengundang apresiasi dari para tokoh bangsa dan tokoh pendidikan termasuk Presiden Ir. H. Joko Widodo dan para Menteri. Dalam Momentum penting itu, Rektor UNJ Profesor Komarudin berikan refleksi tiga hal penting terkait prospek UNJ sebagai kampus unggul diantaranya menegaskan kembali identitas dan rebranding ketokohan pendidikan UNJ, mengembangkan pusat keunggulan dan inovasi produk unggulan serta penguatan sistem tata kelola dan jejaring internasional.

22 Mei 2021

Atlet pencak silat UNJ raih prestasi pada perhelatan international virtual pencak silat championship 2021 yang diselenggarakan oleh Universitas Sebelas Maret SUrakarta. perhelatan olahraga pencak silat tersebut merupakan ajang bergengsi olahraga pencak silat tersebut diikuti oleh 9 negara.

31 Mei 2021

Atlet Pickleball UNJ sabet 2 medali emas dan 3 medali perunggu pada ajang Piala Rektor Unesa National Pickleball Championship 2021. Tentunya perolehan medali tersebut semakin menegaskan UNJ sebagai kampus bereputasi dan berprestasi dalam bidang olahraga dan semakin menegaskan identitas UNJ sebagai Universitas bereputasi di kawasan Asia.

Juni

 17 Juni 2021

Program studi Tata Rias dan Tata Busana UNJ menampilkan kreativitas berupa Rias Fantasi dan Fashion Show di penutupan Dies Natalis UNJ ke 57. Rias Fantasi dan Fashion Show ini menjadi salah satu acara yang sangat impresif dalam penutupan Dies Natalis UNJ.

Juli

02 Juli 2021

Tokoh pendidikan UNJ, Prof. Conny R. Semiawan Meninggal Dunia. Prof. Conny R. Semiawan, rektor Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Jakarta (sekarang Universitas Negeri Jakarta) periode 1984-1992 meninggal dunia pada Kamis, (2/7). Profesor dengan segudang prestasi bidang pendidikan itu merupakan penulis dan tokoh pendidikan dengan kompetensi pedagogik. Selain sebagai rektor, ia juga guru besar pada Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

15 Juli 2021

Kelompok Peneliti Muda (KPM) Universitas Negeri Jakarta (UNJ) bersama Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UNJ menggelar Pekan Ilmiah Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta (PIM UNJ). Kegiatan ini menantang mahasiswa UNJ untuk menginovasikan ide yang bermanfaat bagi perkembangan dunia ilmiah dalam bentuk proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan lomba poster ilmiah, kemudian diseleksi untuk dipresentasikan.

17 Juli 2021

Mahasiswa Prodi Pendidikan Tari Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Ridho Fadhila meraih penghargaan “Kang Berbakat” pada ajang Kang Nong Kota Tangerang. Ajang yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tangerang ini berlangsung sejak tanggal 1 April 2021 sampai dengan 11 Juni 2021. Acara grand final diselenggarakan pada tanggal 2 Juni 2021 yang disiarkan secara langsung melalui Youtube.

29 Juli 2021

Ade Mustika, mahasiswi Prodi Kepelatihan Kecabangan Olahraga (KKO) UNJ angkatan 2018, Universitas Negeri Jakarta (UNJ) mendapatkan undangan trial dari Bayern Munchen FC, uji coba dilakukan mulai 16 hingga 23 Agustus 2021. Ade merupakan pemain Timnas sepak bola Putri Indonesia sejak tahun 2015 lalu di Piala AFF. 

Berbagai ajang internasional telah Ade Mustika, seperti Asian Games 2018 dan SEA Games 2019. Ia juga pernah bermain membela Cosmir UNJ di Pro Women Futsal League (PWFL) pada tahun 2016. Dalam menunggu waktu dan jadwal trial Bayern Munchen, mahasiswi jurusan KKO UNJ ini memfokuskan dirinya untuk melakukan training center dengan tim sepakbola PON Babel di Bangka Belitung.

Agustus

16-21 Agustus 2021

Rektor Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Profesor Komarudin secara resmi membuka dan menutup kegiatan PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru) tahun ajaran baru 2021. Pada kesempatan itu, Rektor UNJ kenalkan visi UNJ sebagai Universitas bereputasi di kawasan Asia dan mengenalkan tanah UNJ di Cikarang yang difokuskan untuk pengembangan sumber daya manusia unggul pada zona industri.

04 September 2021

Universitas Negeri Jakarta melakukan kerjasama kelembagaan dengan PT. Elnusa Tbk dan PT. Elnusa Petrofin dalam rangka terima hibah head truck guna perkuat pendidikan tinggi vokasi UNJ dan kerjasama kelembagaan dalam mendukung penguatan sumber daya manusia unggul berbasis industri pada bidang pendidikan vokasi serta dalam rangka HUT ke-52 PT Elnusa Tbk.

09 September 2021

Dalam rangka memperingati Hari Olahraga Nasional (HAORNAS), Rektor UNJ Profesor Komarudin meresmikan UNJ Sport Complex Kampus B, UNJ sekaligus pelepasan kontingen UNJ pada PON ke-20 tahun 2021 serta peresmian Satuan Pelaksana Tatanan Normal Baru (Satlak TNB) dan UNJ sehat. UNJ sport complex merupakan dukungan Rektor UNJ dalam rangka penguatan sarana dan prasarana olahraga bagi Fakultas Ilmu Keolahragaan UNJ untuk terus mendulang  berprestasi dalam bidang olahraga.

18 September 2021

Universitas Negeri Jakarta secara resmi menyelenggarakan UNJ Open 2021 pada cabang olahraga bulutangkis. Secara resmi Rektor UNJ Profesor Komarudin turut membuka dan menutup kejuaraan UNJ Open yang dimaksudkan sebagai sarana silaturahmi LPTK se-Indonesia melalui olahraga pada cabang bulutangkis.Pada kesempatan itu, Rektor UNJ juga keluar sebagai juara bulutangkis kategori ganda eksekutif.

29 September 2021

Universitas Negeri Jakarta jajaki negara Perancis melalui Atase Pendidikan dan Kebudayaan Perancis serta Diaspora Indonesia di Perancis dalam rangka membuka peluang kerjasama Perguruan Tinggi pada bidang manufaktur, teknologi, industri, pariwisata, kuliner dan fashion, menurut Rektor UNJ Profesor Komarudin, dengan bidang tersebut diharapkan 8 fakultas di UNJ dapat disinergikan dalam kerjasama tersebut.

02 Oktober 2021

UNJ selenggarakan Piala bergilir Rektor cabang olahraga petanque, kejuaraan tersebut secara resmi ditutup dengan pemberian penghargaan oleh Rektor UNJ Profesor Komarudin yang juga turut terlibat dalam olahraga tersebut. Rektor UNJ berharap cabang olahraga petanque dapat menjadi olahraga tradisi bagi UNJ kedepannya.

06 Oktober 2021

Pengukuhan Guru Besar Tetap Universitas Negeri Jakarta sabet penghargaan Rekor MURI  sebagai pengukuhan Guru Besar terbanyak se-Indonesia pada tanggal 21 Desember 2021. Terhitung sejak dimulainya pengukuhan pada bulan Juni hingga Desember 2021, UNJ telah mengukuhkan 30 Guru Besar dalam setahun, tepatnya pada tahun 2021. Rektor UNJ berharap kedepan semangat tersebut dapat menular pada calon Guru Besar selanjutnya agar dapat segera dikukuhkan pada tahun 2022.

12 Oktober 2021

Labschool Cibubur YP Universitas Negeri Jakarta meresmikan gedung bernama Profesor Conny R Semiawan. Peresmian gedung Profesor Conny R Semiawan juga bertepatan dengan peresmian kerjasama pendidikan dengan Kedutaan Besar Perancis melalui IFI dalam membuka France Track yaitu layanan pembelajaran bahasa Perancis dan juga layanan informasi studi ke negara Perancis bagi siswa dan siswi Labschool Cibubur dan kedepannya melalui Duta Besar Perancis Olivier Chambard diharapkan Labschool Cibubur menjadi perintis lembaga France Track.

13 Oktober 2021

Universitas Negeri Jakarta mewisuda 3.069 mahasiswa dan mahasiswi semester 114 tahun akademik 2020/2021. Pada prosesi pelaksanaan wisuda tersebut, Rektor UNJ Profesor Komarudin berharap kontribusi utama lulusan UNJ dapat berkontribusi dengan baik dalam  masyarakat, bangsa dan negara. Hal penting lain dari penyelenggaraan wisuda tersebut adalah pidato ilmiah Profesor Mohamad Nasir Mantan Menristekdikti 2014/2019 itu beri pemahaman terkait peluang Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH) dalam menyongsong perguruan tinggi masa depan.

18 Oktober 2021

Dalam upaya pulihkan kesehatan nasional, Universitas Negeri Jakarta turut serta dalam mensukseskan penyelenggaraan vaksinasi covid-19 terutama bagi warga yang kesulitan mendapatkan akses vaksin serta melibatkan segenap civitas akademika UNJ dalam mendukung program vaksinasi nasional. Kegiatan vaksinasi tersebut mendapat apresiasi positif dari Wakil Gubernur DKI Jakarta Ir. H. Ahmad Riza Patria, MBA dan mendukung penuh kegiatan tersebut.

28 Oktober 2021

Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta menyelenggarakan Art Education and Culture (ARTEC) ke-10 tahun 2021 yang merupakan kegiatan rutin dua tahunan FBS. Menurut Rektor UNJ Profesor Komarudin kegiatan ARTEC merupakan wadah strategis dalam mengembangkan kehidupan ilmiah. promosi karya FBS dan meningkatkan prestasi Universitas. Rektor UNJ optimis ARTEC fair dapat menyerap produk unggulan yang dapat terserap ke dalam masyarakat.

November

05 November 2021

Universitas Negeri Jakarta menjalin kerjasama dengan penandatanganan nota kesepahaman dengan Fujian Polytechnic Normal University (FPNU) China. Kerjasama tersebut Menurut Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama UNJ Dr. Totok Bintoro merupakan bagian rekognisi internasional serta kualitas dan kerjasama UNJ untuk menuju visi menjadi Universitas bereputasi di kawasan Asia. Rektor UNJ Profesor Komarudin optimis visi UNJ bereputasi di kawasan Asia dapat tercapai melalui program internasionalisasi.

06 November 2021 

Universitas Negeri Jakarta menjadi tuan rumah kejuaraan cabang olahraga petanque tingkat nasional. kegiatan terlaksana ketika DKI Jakarta sudah memasuki level satu PPKM. Selain itu, tujuan penyelenggaraan kejuaraan tersebut juga sebagai agenda silaturahmi serta evaluasi dalam program latihan dan dapat menjadi bekal dalam hadapi pekan olahraga nasional serta ASEAN University Games.

11 November 2021

UNJ menjadi tuan rumah Kegiatan FIP-JIP (Fakultas Ilmu Pendidikan dan Jurusan Ilmu Pendidikan) 2021. FIP-JIP merupakan kegiatan rutin dua tahunan bagi kampus LPTK maupun Jurusan Ilmu Pendidikan bagi kampus non-LPTK untuk terlibat dalam membahas tantangan pendidikan masa depan sekaligus mempersiapkan pendidikan masa depan terutama dalam program MBKM (Merdeka Belajar-Kampus Merdeka) dalam menciptakan generasi pendidik unggul masa depan.

11 November 2021

Pada perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua XX tahun 2021 atlet asal UNJ raih 89 medali dengan rincian 40 medali emas, 22 medali perak dan 27 medali perunggu. Torehan prestasi tersebut diapresiasi dengan kegiatan bertajuk “Pemberian Penghargaan Mahasiswa dan Dosen Peraih Medali PON XX Papua Tahun 2021 Serta Pelepasan TIM KMHE dan KMI Expo Universitas Negeri Jakarta”

Sementara itu pada perhelatan Pekan Olahraga Paralimpik Nasional (Peparnas) XVIPapua tahun 2021 atlet asal UNJ torehkan prestasi pada cabang olahraga para renang putra meraih 3 medali emas serta atlet para bulutangkis tunggal putri meraih 1 perunggu

26 November 2021

Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan vokasi program D3, Universitas Negeri Jakarta selenggarakan FGD bertajuk “Kajian Program Vokasi dan Upgrading Program Studi D4” bersama Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud-Ristek. Rektor UNJ Profesor Komarudin optimis dengan upgrading pendidikan vokasi dari D3 menjadi D4 atau sarjana terapan dapat mendongkrak kualitas pendidikan vokasi dan menciptakan sumber daya manusia unggul siap pakai baik bagi guru pendidikan vokasi, dunia usaha maupun dunia industri.

29 November 2021

Universitas Negeri Jakarta melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) kerjasama antara UNJ dengan kedutaan Besar Republik Indonesia di Bern, Swiss. kerjasama tersebut menurut Rektor UNJ Profesor Komarudin adalah upaya mendorong program internasionalisasi baik pada sektor pendidikan maupun dunia usaha dan industri dalam menyiapkan sumber daya manusia unggul dan adaptif menyongsong masa depan.

Desember

3-6 Desember 2021

Universitas Negeri jakarta menjadi tuan rumah perhelatan olahraga nasional LPTK CUP ke-10 tahun 2021. perhelatan olahraga nasional tersebut juga didukung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia yang mendukung LPTK CUP ke-10 tahun 2021 dengan memberikan dukungan berupa piala bergilir Kemenpora. Universitas Negeri Jakarta keluar sebagai juara umum.

18 Desember 2021

Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta meraih akreditasi internasional Agency for Quality Assurance by Accreditation of Study (AQAS). Perolehan akreditasi tersebut merupakan bukti nyata sebagai Universitas bereputasi di kawasan Asia. Perolehan akreditasi AQAS menjadi prestasi penting bagi UNJ dalam meningkatkan daya saing ciptakan SDM unggul dalam Perguruan Tinggi dunia dalam bidang pendidikan.

18 Desember 2021

pada kejuaraan floorball yang diselenggarakan oleh Asosiasi Floorball Indonesia (AFI) kategori putri UNJ berhasil menjadi juara pertama sementara itu kategori putra UNJ menduduki posisi kedua pada laga kejuaraan floorball AFI. Perhelatan olahraga floorball tersebut menjadi momentum penting terwujudnya dukungan kompetisi floorball untuk masuk dalam pekan olahraga nasional mendatang.

21 Desember 2021

Fakultas Teknik Universitas Negeri jakarta deklarasikan zona integritas sebagai bagian dari pencanangan reformasi birokrasi dan zona integritas Universitas Negeri Jakarta. pada momentum tersebut, Fakultas Teknik mendedikasikan lembaganya sebagai pelayan publik yang bersih melayani dan bebas dari unsur KKN.

21 Desember 2021

Pengukuhan Guru Besar Tetap Universitas Negeri Jakarta sabet penghargaan Rekor MURI  sebagai pengukuhan Guru Besar terbanyak se-Indonesia pada tanggal 21 Desember 2021. Terhitung sejak dimulainya pengukuhan pada bulan Juni hingga Desember 2021, UNJ telah mengukuhkan 30 Guru Besar dalam setahun, tepatnya pada tahun 2021. Rektor UNJ berharap kedepan semangat tersebut dapat menular pada calon Guru Besar selanjutnya agar dapat segera dikukuhkan pada tahun 2022.