Forum Mahasiswa UNJ Peduli Semeru Terjun Langsung Memberikan Bantuan Psikososial, Logistik dan Kesehatan

0
268

EDURANEWS, JAKARTA– Erupsi Gunung Semeru 4 Desember 2021 lalu telah membuat masyarakat terdampak luluran lahar mengungsi. Menurut data BNPB ada 9.997 pengungsi akibat erupsi Gunung Semeru. Forum Komunikasi Gedung G (FKG) yang terdiri dari pelbagai unit kemahasiswaan di UNJ bergerak cepat dengan melakukan penggalangan dana. 

“Awal mulanya dari penggalangan dana bersama lalu berdiskusi untuk hadir di tempat kebencanaan dan memberikan bantuan secara nyata di bidang psikososial, logistik dan kesehatan,” tulis Cecep Koordinator Forum Mahasiswa UNJ Peduli Semeru ketika dihubungi via Whatsapp.  

Hasil rapat dengan pelbagai ketua unit kemahasiswaan itu akhirnya mereka menamai Forum Mahasiswa UNJ Peduli Semeru. Rektorat UNJ juga menyetujui keberangkatan mereka ke lokasi tujuan. 

Selama 4 hari (17-20 Desember 2021) mereka melakukan kegiatan kemanusiaan seperti mempersiapkan makanan, memberikan bantuan psikososial, penyerahan bantuan obat-obatan serta pemberian bantuan logistik di pelbagai wilayah seperti Kamarkajang, Candipuro dan Desa Penanggal.

“Kami memberikan dukungan psikososial kepada anak-anak di sana, memberikan bantuan obat-obatan dan juga berbagai logistik yang dibutuhkan dari hasil survey dan informasi yang kami dapatkan dari BPBD Sumber Wuluh, warga setempat, dan juga organisasi yang ada di sana,” ujar Cecep.

 

Lokasi Tujuan

  • Desa Penanggal, Lumajang Jawa Timur, Penyerahan obat-obatan kepada PMI Jawatimur
  • Kamarkajang, Lumajang Jawa Timur, Kegiatan Psikosoial
  • Kecamatan Candipuro, Lumajang Jawa Timur, Kegiatan Pembelian Logistik dan Dana