Prof. Rd Tuty Sariwulan: Perguruan Tinggi Memiliki Peran Mengatasi Masalah Ketenagakerjaan

0
252

EDURANEWS, JAKARTA– Prof. Rd Tuty Sariwulan melakukan orasi ilmiah dengan tajuk Peran Perguruan Tinggi dalam Mengatasi Permasalahan Ketenagakerjaan Dampak Pandemi Covid-19, di Aula Latief Hendraningrat Gedung Dewi Sartika Kampus A UNJ (7/12). 

Orasi ini banyak membedah peran perguruan tinggi dalam mengurai permasalahan ketenagakerjaan terutama saat pandemi covid-19. 

“Tema ini saya angkat akibat kegelisahan,” ucap Profesor kelahiran Sukabumi ini mengawali orasi ilmiahnya. 

Pandemi Covid-19 memukul pelbagai negara dari segi ekonomi. Pandemi juga membuat angka pengangguran meningkat. Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) berimplikasi kepada kegiatan ekonomi sementara waktu. Implikasinya menurunnya pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

“Perusahaan pun merumahkan sebagian karyawan bahkan PHK,” kata  Prof. Tuty.

Pengangguran merupakan permasalah serius. Pemerintah pusat, daerah dan swasta harus bahu membahu mengurai permasalahan ini. Menurut Prof. Tuty sektor perdagangan dan konstruksi salah satu yang paling berdampak. 

Peran Perguruan Tinggi

Peran perguruan tinggi sangat diperlukan. Amatan Prof. Tuty perguruan tinggi memiliki kontribusi dalam mengurai permasalahan pengangguran ini. Karena perguruan tinggi memiliki potensi dalam menghasilkan lulusan yang kompeten, berdaya saing, kreatif  dan siap kerja.

Prof. Tuty juga memaparkan bahwa terdapat 452 inovasi teknologi berbasi litbang, baik yang terdapat pada lembaga pemerintah Non Kementerian bidang IPTEK maupun perguruan tinggi.

Menurutnya apabila kegiatan Litbang baik yang komersial maupun yang non komersial ditindaklanjuti, bukan hanya menghasilkan produk yang sebagian besar terkait kesehatan, namun juga akan mampu menyerap tenaga kerja. Pandemi Covid-19 juga membuat perguruan tinggi harus berbenah. 

“Kurikulum mesti adaptif terhadap perubahan,” ujarnya.