Semangat Menggebu UNCEN Bertanding Petanque di Ajang LPTK CUP X 2021

0
206

EDURANEWS, JAKARTA – Pasangan double women berprestasi tim Universitas Cendrawasih (UNCEN) baru saja menyabet medali perak cabor Petanque di LPTK CUP X 2021 (5/6).

Syeni Octaviani dan Friska Sari mendapat juara 2 setelah takluk dari pasangan UNP dengan skor (3:13). Friska mengaku tetap bermain dengan semangat dan sepenuh hati walau dengan persiapan yang singkat.

“Jujur kita tidak terlalu banyak persiapan, tapi mendapat juara 2 kami pikir itu bukan hasil yang mengecewakan,” kata Friska.

Tim UNCEN memanfaatkan agenda Dekan Cup di sana sebagai ajang pemanasan menuju LPTK Cup X 2021.

Sebelumnya olahraga petanque hadir di Papua lewat Universitas Cendrawasih. Rektor UNCEN saat itu bersama Ketua umum PB FOPI Caca Isa Saleh memperkenalkan petanque ke dunia kampus.

Wakil Dekan 1 FIK Uncen, Yohannes Mandosir mengatakan bahwa pembinaan olahraga petanque di UNCEN sangat terstruktur.

“Karena kami kordinasi langsung dengan FOPI Papua (Federasi Olahraga Petanque Indonesia),” kata Yohannes.

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) khusus olahraga petanque juga dibentuk di Fakultas Olahraga UNCEN. Namun, Yohannes mengakui aktivitas mereka agak menurun setelah gagal menembus PON Papua 2021.

“Tapi kami sudah berkomitmen akan lebih meningkatkan aktivitas UKM Petanque di tahun-tahun mendatang,” tutur Wakil Dekan 1 FIK Yohannes.

Sudah banyak prestasi yang ditorehkan UNCEN di berbagai ajang yang mempertandingkan petanque. Medali emas di nomor triple woman dan double campuran pernah diraih UNCEN di ajang POMNAS 2019.

Yohannes berharap petanque akan lebih maju dan populer di UNCEN maupun universitas lain. Di UNCEN olahraga petanque terus diberdayakan. Sebab jika berbicara prestasi ke depan, target petanque UNCEN adalah dapat menembus PON dan Sea Games.

“Dengan mendapatkan medali yang banyak lewat nomor yang diperlombakan” kata Yohanes, “Saya pikir ini kesempatan untuk meraih prestasi yang setinggi-tingginya,” tutup Yohannes.