Prof. Sofyan Hanif Yakin Petanque Indonesia Bisa Eksis di Panggung Olimpiade 2024

0
156

EDURANEWS, JAKARTA – Kejuaraan LPTK Cup X  2021 sudah berada di hari terakhir. Bertempat di Lapangan Petanque Kampus B UNJ, cabor petanque masih mempertandingkan kategori double men eksekutif (5/12).

Pasangan Prof. Achmad Sofyan Hanif/Muhammad Zid berhasil unggul pada babak penyisihan setelah kejar-kejaran angka dengan pasangan dari tim UNM.

“Pertandingan hari ini sangat menegangkan, apalagi ketika menghadapi bola-bola liar dari UNM,” kata Prof. Sofyan.

Prof. Sofyan mengaku tak mempunyai target untuk menang. Menurutnya masih banyak perwakilan petanque eksekutif yang dapat diunggulkan seperti pasangan Abdul Syukur (WR 3)/ Johansyah Lubis (Dekan FIO)

Namun, dirinya saat ini senang dan cukup puas. Karena UNJ sebagai tuan rumah penyelenggaan LPTK Cup X 2021 dinilainya sudah cukup sukses dan menghasilkan prestasi membanggakan di setiap cabor.

Prof. Sofyan juga menilai bagaimana urgensi dilaksanakannya LPTK Cup ini, “Di kalangan dosen dan civitas akademik sendiri kompetisi ini sangat diperlukan sebagai wadah untuk komunikasi keilmuwan, seperti dengan mengadakan sarasehan, seminar, serta paparan hasil riset,” tuturnya.

Ia yakin dengan adanya acara ini akan semakin memantapkan wacana Desain Besar Olahraga Nasional yang salah satu tujuannya mengarah pada keikutsertaan atlet-atlet Indonesia di ajang olimpiade.

“Kita berpeluang untuk mempopulerkan petanque di panggung Olimpiade 2024 Perancis, di mana tempat olahraga ini berasal,” ucap Prof. Sofyan yang ditemui usai pertandingan.

Prestasi-prestasi olahraga petanque menurutnya akan terpacu untuk maju. Apalagi saat ini fasilitas-fasilitas olahraga sudah dimasalkan di kalangan pelajar.