Vice President Of ACPES: Penting Membangun Sport Development Berkelanjutan dengan Jejaring dan Mitra

0
145

EDURANEWS, Jakarta-Universitas Negeri Jakarta berkesempatan menjadi tuan rumah kegiatan LPTK CUP X tahun 2021. Rangkaian kegiatan dibuka dengan Seminar Nasional Olahraga pada (2/12) bertajuk “Mewujudkan Insan Olahraga yang Inovatif, Unggul, dan Berkarakter Menuju Persaingan Global” di Aula Latief Gedung Dewi Sartika.

Guru Besar UNNES Prof. Tandiyo Rahayu dalam pemaparannya mempertegas tentang sport development yang berkelanjutan dalam membangun olahraga nasional. Sport Development sebagai konsep pembinaan olahraga yang sukses sangat bergantung pada kemitraan dan jaringan yang efektif.

“Jejaring dan kemitraan menjadi kata kunci dalam segala lini pembangunan, termasuk olahraga,” ujar Prof. Tandiyo Rahayu.

Pada masa sekarang ini sport science semakin maju. Orang-orang yang profesional di bidang keolahragaan kompetensinya semakin spesifik.

Sementara kata Prof. Tandiyo Rahayu olahraga itu sendiri adalah sebuah sistem, jadi sudah bukan saatnya satu orang menguasai berbagai hal dalam keolahragaan.

Semua harus berjejaring dan bermitra. Dalam pembinaan olahraga setidaknya menurut Rahayu ada tiga prinsip utama yakni meningkatkan tingkat partisipasi, meningkatkan tingkat inklusivitas, dan membantu individu-individu meningkatkan kemampuan mereka dalam berolahraga sesuai dengan prinsip kesinambungan dalam praktik olahraga.

Prof. Dr. Tandiyo Rahayu juga memfilosofikan jejaring olahraga sebagai jaring laba-laba, yang terlihat rapuh namun sebenarnya luar biasa. Filosofi yang ada dalam membangun sebuah jejaring memerlukan interkonektivitas, konsisten dan persisten.

“Jejaring yang solid antar lembaga terkait adalah kunci keberhasilan pembinaan yang berkelanjutan,” ucap Prof. Tandiyo Rahayu yang saat ini menjabat sebagai Vice President Of ACPES (Asean Counsil of Physical Education and Sport).

Dalam paparannya ini Prof. Tandiyo Rahayu juga mengajak teman-teman untuk jujur mengakui bahwa selama ini banyak sekali program-program keolahragaan yang sebenarnya bagus, tetapi tidak berkelanjutan.

“Berganti pejabat, berganti juga kebijakan,” ucap Prof. Dr. Tandiyo Rahayu,  “Makanya kita seperti jalan di tempat. Itulah sebabnya keberlanjutan sangat penting,” lanjutnya.

Prof. Tandiyo Rahayu sangat menekankan jejaring dalam sport development yang bertujuan untuk pembinaan prestasi olahraga, generasi muda yang bugar dan menjadikan olahraga sebagai bagian dari gaya hidup, serta menjadikan olahraga sebagai budaya di masyarakat.