UNJ Menjadi Tuan Rumah Perdana Pelantikan dan Rakernas Asosiasi Dosen Pergerakan

0
91

EDURA NEWS, JAKARTA – Universitas Negeri Jakarta menjadi tuan rumah Launching, Pelantikan, dan Rapat Kerja Nasional Asosiasi Dosen Pergerakan (ADP). Kegiatan ini berlangsung pada 26-28 Agustus 2021.

Pengurus Asosiasi Dosen Pergerakan (ADP) Pengurus Besar Ikatan Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PB IKA-PMII) periode 2021-2026 secara resmi dilantik oleh Ketua Umum PB IKA-PMII Drs. KH Ahmad Muqowam bertempat di Gedung UTC UNJ.

Pelantikan digelar secara luring dan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting dan disiarkan secara langsung di kanal Youtube Edura TV.

“Dosen yang tergabung dalam ADP ini memiliki posisi yang sangat strategis menurut saya dalam mewujudkan Indonesia unggul sebagaimana dicanangkan oleh presiden untuk menyongsong Indonesia Emas 2045,” ujar Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas dalam sambutannya secara daring.

Namun tantangan mewujudkan Indonesia Emas berat, di masa pandemi ini yang paling terdampak adalah dunia pendidikan. Ini tantangan, bagaimana kita mampu menjaga eksistensi kependidikan ini sebagai alat untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045, lanjutnya.

“Di tengah banyaknya fenomena banyak sikap dan paham ekstrim di Indonesia ini, ADP menjadi kekuatan tersendiri,” tutur Menteri Agama RI tersebut.

Selanjutnya Rektor UNJ Prof. Komarudin M.Si menyampaikan terima kasihnya lantaran telah dipercaya menjadi tuan rumah dalam pelantikan dan Rakernas perdana Asosiasi Dosen Pergerakan ini.

“Ada harapan besar terhadap ADP ini, apalagi di ujung katanya itu berbunyi “Pergerakan“. Jangan diartikan pergerakan sebagai aktivitas politik saja,” ujarnya.

Tantangan Indonesia sangat berat saat ini, maka peran dosen yang tergabung dalam ADP ini harus dalam segala bidang, lanjut Komarudin.