SMKN 1 Cimahi Miliki Beberapa Program Inovasi

0
2063
Sumber foto: Akun Instagram @smkn1cmi

EDURA NEWS, JAKARTA – SMK Negeri 1 Cimahi sebagai salah satu sekolah menengah kejuruan terbaik di Indonesia menyelenggarakan program pendidikan kejuruan 4 tahun. SMKN 1 Cimahi terus beradaptasi dengan kebutuhan abad 21, sehingga sekolah ini pernah disebut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai contoh revitalisasi SMK pada tahun 2017.

Program Keahlian yang ada di SMK Negeri 1 Cimahi berjumlah 9. Program ICT di sekolah ini merupakan satu-satunya program 4 tahun yang ada di Indonesia saat ini.

Disebutkan bahwa semua program keahlian perintisnya berasal dari SMK Negeri 1 Cimahi. Hal tersebut merupakan suatu potensi unggulan karena dengan mudah siswa yang lulus terserap oleh industri.

Visi dari sekolah ini adalah “Menjadi SMK unggulan yang menghasilkan sumber daya manusia bermutu dan berdaya saing tinggi”.

Untuk mewujudkan visi tersebut, ada beberapa strategi dan pendekatan tata kelola program sekolah.

Pertama, adaptasi teknologi Revolusi Industri 4.0 dengan penerapan pendidikan Abad 21, yakni Creative, Critical Thinking, Collaboration, dan Communication.

Kedua, adaptasi kebijakan baru
Pembelajaran di masa pandemi COVID-19 dengan pelaksanaan Merdeka Belajar, pusat keunggulan (center of excelent), pembelajaran sistem blok dan moving class, kebijakan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat, Tata Kelola Anggaran Sekolah, serta Badan Layanan Umum Daerah.

Ketiga, optimalisasi ekosistem pendidikan vokasi, yakni pelaksanaan Link & Match, program Dual System, pembinaan budaya kerja industri, pembinaan kewirausahaan, pusat pengembangan karir siswa, sekolah pencetak wirausaha, dan fast track D2.

Terakhir, digitalisasi layanan SMKN 1 Cimahi, yakni dalam hal pembelajaran dan penilaian, pembinaan kesiswaan, pengelolaan sarana dan prasarana, pelaksanaan praktik kerja, kerjasama kelembagaan, pelayanan perpustakaan serta pelayanan administrasi sekolah.

Dilansir dari laman resmi SMKN 1 Cimahi, SMK ini memiliki beberapa program inovasi, di antaranya:

1. Pembinaan Fisik dan Mental (PFM), program ini untuk persiapan pelaksanaan Praktek Kerja Industri
2. Dual Program, pada tahun yang sama siswa tingkat IV dapat mengikuti dua program, yaitu program Seamless, D1, atau program sertifikasi Mekatronika dan Pembelajaran pada tingkat IV
3. Pusat Informasi dan Konsuling Remaja
4. TV Komunitas Pendidikan (INOVASI TV)
5. English Day
6. Poe Bahasa Sunda
7. Marching Band Gema Pembangunan
8. Linglung (Seni Pembangunan Angklung)

Sumber: Smkn1-cmi.sch.id