Webinar Kesehatan Rohani UNJ Sehat #4: Memahami Ujian sebagai Anugrah

0
109

EDURA NEWS, JAKARTA – Kesehatan Rohani Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Sehat mengadakan Webinar Kesehatan Rohani UNJ Sehat #4 dengan tema “Memahami Ujian sebagai Anugrah” pada Jumat, (30/7). Webinar ini digelar secara daring melalui Zoom Meeting dan disiarkan secara langsung di kanal Youtube Edura TV.

Webinar kali ini mendatangkan Khairil Ihsan Siregar, M.A yang merupakan dosen Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Sosial UNJ sebagai narasumber, ia akan berbicara mengenai tema “Memahami Ujian Sebagai Anugrah”.

Koordinator Tim Kesehatan Rohani UNJ Sehat, Dr. Asep Supena, M.Si dalam sambutannya berharap melalui forum yang diprakarsai oleh tim Kesehatan Rohani UNJ Sehat ini dapat memberikan dampak yang baik kepada banyak orang, bukan hanya yang sedang terdampak Covid-19.

“Karena sebenarnya kalau hati itu sehat, walaupun sakit itu tetap bahagia. Jadi, ada orang miskin tetap bahagia, tapi ada orang kaya juga tidak bahagia, ada orang sakit bahagia, ada juga orang yang sehat tidak bahagia. Jadi persoalannya adalah bagaimana mengelola hati ini,” ujar Asep Supena.

Topik mengenai “Memahami Ujian sebagai Anugrah ini” penting untuk mengubah kesulitan menjadi tantangan dan mengubah musibah menjadi nikmat, lanjutnya.

Selanjutnya, Khairil Ihsan Siregar memaparkan materinya ada tiga tingkatan dalam ujian atau cobaan, yakni ujian yang termasuk dalam kategori hukuman, cobaan sebagai ujian, kemudian ujian sebagai tathhir atau mensucikan dosa.

“Jika ada ujian yang kita rasakan akhir-akhir ini atau di masa sekarang, kalau ada klaim atau pernyataan “cobaan itu hanya untuk orang-orang yang tidak beriman kepada Allah”, kami tidak setuju dengan pernyataan ini, karena cobaan dan ujian ini ada di dalam satu kapal masyarakat kita,” tuturnya.