Mencapai Indonesia Maju, Adi Warman: Atasi Budaya Korupsi Butuh Iman, Bukan Hanya Kecerdasan Intelektual

0
42

EDURA NEWS, JAKARTA – Universitas Negeri Jakarta (UNJ) mengadakan Sekolah Kebangsaan dan Peradaban dengan tema “Indonesia Maju: Antara Realita dan Harapan” pada Rabu, 28 Juli 2021. Dr. H. Adi Warman, S.H, M.H, M.B.A didatangkan sebagai narasumber pada kesempatakan kali ini.

Rektor UNJ Prof. Komarudin, M.Si dalam sambutannya mengatakan kunci utama untuk mewujudkan Indonesia maju adalah dengan penguatan sumber daya manusia (SDM), terutama melalui pendidikan. Kampus menjadi episentrum pengembangan sumber daya manusia dalam rangka Indonesia maju.

“Pendidikan yang membangun manusia yang berintegritas, berakhlak mulia, dan memuliakan manusia harus menjadi prioritas dalam penyelenggaraan pendidikan di Indonesia, bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan dunia industri semata-mata, apalagi hanya sekedar alat produksi atau mode of production,” jelasnya.

Ia berharap dengan adanya Sekolah Kebangsaan dan Peradaban seri kelima ini dapat membangun optimisme yang tinggi untuk membangun Indonesia maju, mandiri, adil, makmur, dan berperadaban

Budaya korupsi sebagai hambatan Indonesia Maju

Adi Warman mengatakan bahwa kunci dari Indonesia maju adalah harus menciptakan sistem hukum yang kuat dan terpercaya.

Dalam konsep Indonesia Maju, pemerintah juga menitikberatkan ilmu pengetahuan dan teknologi, Indonesia tidak boleh menjadi negara yang tertinggal dari aspek ilmu pengetahuan dan teknologi, paparnya.

“Program Indonesia Maju merupakan program yang mulia, namun ada hambatan yang sangat potensial dalam menghalangi terwujudnya program Indonesia maju. Hambatan tersebut adalah budaya korupsi. Budaya ini sangat marak ditemukan di Indonesia,” jelas Adi.

Bahkan dalam pandemi COVID-19 ini, masih banyak oknum yang melakukan korupsi, ujarnya. Melihat hal ini, Adi Warman mengatakan bahwa dibutuhkannya iman, bukan hanya kecerdasan intelektual. Korupsi ini menjadi sesuatu yang sangat mendesak untuk diatasi agar mencapai pertumbuhan ekonomi yang sehat.

“Dengan tercapainya ekonomi yang sehat, maka kita dapat meyakini bahwa Indonesia maju akan terealisasi terutama pada pemerataan pembangunan di setiap wilayah Indonesia,” katanya.

Budaya korupsi dimulai dari mental lalu ke perilaku. Adi Warman mengajak untuk bisa melakukan pencegahan terhadap tindak pidana korupsi, dengan itu Indonesia maju akan terwujud. Pendidikan akan terlaksana dengan baik di setiap wilayah Indonesia.

Dengan memerangi budaya korupsi, cita-cita luhur bangsa Indonesia membentuk pemerintahan Indonesia yang melindungi segenap tumpah darah Indonesia untuk mewujudkan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia akan terwujud. Maka, Indonesia maju akan tercapai.