LPDP Bersama Kemendikbudristek dan Kadin Adakan Program Magang Bersertifikat

0
242

EDURA NEWS, JAKARTA – Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) bersama Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, serta Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mengadakan program magang bersertifikat. Program magang bersertifikat ini dihadirkan untuk lulusan SMA, MA dan SMK yang akan lanjut kuliah di perguruan tinggi vokasi.

Program magang bersertifikat yang digelar LPDP ini dapat diperoleh siswa dengan mendaftar di laman kampusmerdeka.kemdikbud.go.id.

Magang bersertifikat ini didanai oleh LPDP, sementara untuk lokasi magang para calon mahasiswa diarahkan oleh Kadin Indonesia.

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi (Dirjen Diksi) Wikan Sakarinto mengatakan bahwa mahasiswa hang mengikuti program ini akan diberi gaji. Adapun gaji yang akan diberikan hingga mencapai Rp 4 juta.

Sertifikat dalam program ini diakui di dunia industri. Bukan hanya mahasiswa yang bisa mendaftar program ini, namun industri juga diminta untuk mendaftar agar mampu melihat kompetensi mahasiswa yang masuk dalam program beasiswa.

“Mahasiswa magang dapat gaji dan kami menyediakan anggaran untuk menggaji mahasiswa magang, kisaran Rp 4 juta. Mungkin ada 1 semester yang dikosongkan matkulnya (khusus untuk magang), mungkin di semester akhir seperti semester 7 dan 8,” ujar Wikan dalam webinar Sosialisasi Program Kampus Merdeka Vokasi, Rabu (21/7).

Ia melanjutkan, program ini tidak sama dengan program biasanya, dalam program ini penyelenggara mendatangi perusahaan dan mereka minta untuk menyusun proposal, kegiatan dan proyeknya. Hal tersebut dirancang oleh industri.

Mendikbudristek Nadiem Makarim juga berharap jangan hanya 10 atau 12 mahasiswa saja yang ikut magang, diharapkan ada 100 mahasiswa per perusahaan. Meski banyak, untuk mendapat sertifikat tidak mudah.

“Kita jangan hanya menciptakan ijazah tapi juga lulusan kompeten dengan dana LPDP untuk menyiapkan semua aspek ini, bayangkan mahasiswa magang kami gaji, kalau industri mau nambah ya bagus,” pungkasnya.