Mahasiswa UNJ Raih Juara di Lompa Cipta Karya Puisi Bahasa Jerman Tingkat Nasional

0
602

Mahasiswi Program Studi Bahasa Jerman, Astri Wulandari, meraih juara 1 dalam lomba Cipta Karya Puisi Bahasa Jerman Tingkat Nasional. Kompetisi ini diadakan oleh Die Vereinigung der Deutschstudenten Universitas Sam Ratulangi dan Ikatan Mahasiswa Bahasa Jerman Indonesia (IMBJSI).

Tema cipta karya puisi dalam kompetisi ini adalah “Die Träume”. Awalnya Astri membuat puisi dengan judul “Der Traum”, namun Astri merasa ada yang kurang dalam puisi tersebut. Akhirnya ia mencoba menulis puisi lagi dengan judul “Keine Träume in Palästina” untuk dikirimkan pada tanggal 20 Mei 2021 untuk kompetisi ini.

Puisi “Keine Träume in Palästina” yang dibuat Astri terinspirasi dari kisah anak-anak di Palestina. Bercerita mengenai mimpi-mimpi anak Palestina yang sukar untuk terwujud lantaran kehidupannya yang sulit.

Dra. Azizah Hanoum Siregar menceritakan ia pernah membacakan cerita pendek berjudul “Küchenuhr” yang ditulis oleh Wolfgang Borchert yang menceritakan dampak peperangan di masa Perang Dunia II di kelas Astri. Cerita inilah yang membawa Astri menuliskan kisah mimpi anak Palestina.

“Astri itu terinspirasi dari bagaimana anak-anak Palestina itu harus berjuang, punya mimpi tapi mimpinya sulit untuk diwujudkan karena keadaan yang tidak memungkinkan,” ujarnya

Astri tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Jerman Se-Indonesia, ia juga banyak mendapatkan informasi lomba dari sana, termasuk perlombaan ini. Astri sebagai mahasiswa yang aktif selalu ingin mengasah kemampuannya di luar UNJ, ujar Azizah. Dosen mata kuliah Literatur im DaF-Unterricht ini sangat mengapresiasi prestasi yang diraih Astri dalam kompetisi ini.

“Ini suatu kejutan karena Astri juga kebetulan bimbingan saya skripsinya, dia mengikuti lomba dan menjuarai itu,” tutur Azizah.

Capaian Astri bukan hanya kali ini, ia juga pernah mempersembahkan medali juara 3 untuk Prodi Bahasa Jerman, UNJ dalam Kompetisi Pidato Bahasa Jerman Tingkat Nasional pada tahun 2020.