SMP Prima Cendikia Islami, Sekolah Digital dengan Kultur Pesantren

0
832

EDURA NEWS, JAKARTA – SMP Prima Cendikia Islami menjadi sekolah Islam berbasis teknologi informasi dan digitalisasi. Seluruh proses pembelajaran dan pengadministrasian kelembagaan sekolah ini dikelola secara profesional didukung oleh fasilitas teknologi informasi.

Sekolah yang berlokasi Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat ini memiliki visi menjadi lembaga pendidikan unggulan untuk mendidik generasi muslim Qur’ani yang religius, unggul, cerdas, dan berahlak mulia. Meski bukan pesantren, sekolah ini memiliki kultur pesantren.

SMP Prima Cendikia Islami juga memiliki tujuan untuk memberikan kontribusi dalam peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia dan daya saing bangsa di era Revolusi Industri 4.0.

Dilansir dari Mediakasasi.com, Pembina SMP Prima Cendikia Islami Hj. Siti Komariah mengatakan dalam proses pembelajaran, pihaknya mengacu pada kurikulum pendidikan yang dapat menjawab tantangan masa depan dengan tetap mengedepankan kurikulum nasional yang “berwajah” Indonesia, yakni kurikulum yang berakar pada budaya bangsa.

“Implementasi kurikulum ditunjang oleh guru-guru yang mampu menerapkan metode pembelajaran aktif (active learning), pembelajaran berpusat pada siswa (student centered learning), dan metode pembelajaran inovatif lainnya melalui pemanfaatan platform teknologi pembelajaran, learning management system, video conference, assesment tools dan bahan ajar multimedia,” ujar Siti Komariah.

Selain itu, SMP Prima Cendekia Islami memiliki beberapa program unggulan, yaitu sekolah Full Day School, Program Tahfizh dan Tahsin Al-Quran tiga jam per hari atau 15 jam per minggu. Program lainnya di antaranya ada program Desain Grafis, Robotika, Jurnalistik, Film, Radio Broadcasting, Enterpreneurship, Program Adiwiyata dan Sekolah Sehat, dan masih banyak lagi.

Desain gedung SMP Prima Cendikia Islami juga berwawasan lingkungan, serta didukung oleh fasilitas teknologi informasi dan digitalisasi.

“Seluruh bangunan gedung sekolah dirancang dengan memaksimalkan sistem pencahayaan dan sirkulasi udara alami, sehingga nyaman dan hemat energi dan seluruh ruang kelas dilengkapi sarana prasarana pembelajaran digital yang terkoneksi dengan internet,” tutur Siti Komariah.

Sekolah ini memberikan akses internet penuh di sekolah dan juga berbagai fasilitas penunjang untuk memproduksi bahan ajar digital mandiri, seperti ruang multimedia dan studio podcast.

Selain itu, pemilihan guru di sekolah ini juga sangat ketat. Para guru di SMP Prima Cendekia Islami pada umumnya melek teknologi, rata-rata usia para guru di bawah 30 tahun. Guru di sekolah ini juga diberikan fasilitas seperti laptop untuk mendukung proses belajar di sekolah.

Sumber: Mediakasasi.com

Sumber gambar: http://smp-primacendekia-islami.education/