Beasiswa Unggulan 2021 untuk S1, S2, dan S3, Ini Syaratnya

0
1089
Sumber gambar: Freepik.com

EDURA NEWS, JAKARTA – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Ristek dan Teknologi (Kemendikbudristek) membuka pedaftaran Beasiswa Unggulan 2021 untuk jenjang Sarjana (S1) , Magister (S2) dan Doktoral (S3).

Beasiswa Unggulan 2021 ini dapat diikuti oleh calon mahasiswa baru maupun mahasiswa yang sedang melaksanakan perkuliahan maksimal semester 2 pada saat mendaftar. Pendaftaran dibuka sejak 1 Juli 2021 sampai 15 Agustus 2021.

Pada Beasiswa Unggulan tahun sebelumnya, cakupan Beasiswa Unggulan adalah biaya pendidikan tiap semester, bantuan biaya hidup, serta biaya buku.

Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi ini diberikan kepada masyarakat yang berprestasi tingkat internasional dan/atau nasional, berkontribusi kepada daya saing bangsa di segala bidang, dan mahasiswa yang diterima pada Program Studi dan Perguruan Tinggi minimal akreditasi B.

Berikut persyaratan Beasiswa Unggulan 2021 untuk tiap jenjang pendidikan.

(1) Persyararan untuk Program Sarjana (S1)

1. Berusia paling tinggi 22 tahun bagi mahasiswa baru atau paling tinggi 23 tahun untuk yang sedang menempuh perkuliahan (mahasiswa on-going).

2. Dibuka untuk calon mahasiswa (mahasiswa baru) yang sudah mendapatkan surat diterima di perguruan tinggi atau mahasiswa yang baru melaksanakan perkuliahan di semester 1 dan belum mendapatkan KHS ATAU mahasiswa on-going yang sudah memulai perkuliahan maksimal semester 3 atau masuk perkuliahan pada tahun 2020.

3. Mengisi nilai Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) bagi siswa lulusan dalam negeri.

4. Bagi mahasiswa on-going (mahasiswa S1 yang sedang berkuliah): mempunyai nilai IPK minimal 3,25 pada skala 4,00.

5. Membuat karya tulis berupa esai/karangan menggunakan Bahasa Indonesia, dengan ketentuan:
a. Judul/tema: “Aku Generasi Unggul Kebanggaan Bangsa Indonesia”.
b. Esai/karangan ditulis pada form Berkas c. Persyaratan minimal 1500 kata.

6. Untuk mahasiswa baru/mahasiswa on-going Program D4 juga bisa mendaftar beasiswa ini (berdasarkan informasi dari Webinar Sosialisasi Beasiswa Unggulan Tahun 2020).

(2) Persyaratan untuk Program Magister (S2)

1. Berusia paling tinggi 32 tahun bagi mahasiswa baru atau paling tinggi 33 tahun untuk yang sedang menempuh perkuliahan;

2. Mempunyai Surat Keterangan Lulus/Letter of Acceptance (LoA) Unconditional bagi mahasiswa yang baru diterima di Perguruan Tinggi ATAU Surat Keterangan Aktif Kuliah dari dekan atau direktur pascasarjana bagi mahasiswa on-going (yang sedang berkuliah) pada Perguruan Tinggi di dalam negeri.

3. Mempunyai nilai IPK S1 minimal 3,25 (skala 4,00) baik untuk mahasiswa baru maupun mahasiswa on-going.

4. Diutamakan bagi mahasiswa yang mempunyai kemampuan bahasa Inggris dengan skor minimal TOEFL ITP 550 atau IBT 61 atau IELTS 6,0.

5. Membuat proposal rencana studi yang berisi alasan mengambil program studi yang dipilih dan rencana penelitian tugas akhir (tesis).

6. Karya tulis berupa esai/karangan menggunakan Bahasa Indonesia, dengan ketentuan:
a. Tema esai/karangan terkait dengan hal yang sudah diperbuat untuk bangsa;
b. Esai/karangan ditulis pada form Berkas c. Persyaratan minimal 1500 kata.

(3) Persyaratan untuk Program Doktoral (S3)

1. Berusia paling tinggi 40 tahun bagi mahasiswa baru atau paling tinggi 41 tahun untuk yang sedang menempuh perkuliahan;

2. Mempunyai Surat Keterangan Lulus/Letter of Acceptance (LoA) Unconditional bagi mahasiswa yang baru diterima di Perguruan Tinggi ATAU Surat Keterangan Aktif Kuliah dari dekan atau direktur pascasarjana bagi mahasiswa on-going (yang sedang berkuliah) pada Perguruan Tinggi di dalam negeri.

3. Mempunyai nilai IPK S2 minimal 3,40 (skala 4,00) baik untuk mahasiswa baru maupun mahasiswa on-going.

4. Diutamakan bagi mahasiswa yang mempunyai kemampuan bahasa Inggris dengan skor minimal TOEFL ITP 550 atau IBT 61 atau IELTS 6,0.

5. Membuat proposal rencana studi yang berisi alasan mengambil program studi yang dipilih dan rencana penelitian tugas akhir (disertasi).

6. Karya tulis berupa essay/karangan menggunakan Bahasa Indonesia, dengan ketentuan:
a. Tema esai/karangan terkait dengan hal yang sudah diperbuat untuk bangsa.
b. Esai/karangan ditulis pada form Berkas c. Persyaratan minimal 1500 kata.

Informasi lebih lengkapnya dapat dilihat melalui laman https://puslapdik.kemdikbud.go.id/