Kemendikbudristek Gelar Lomba Inovasi Musik Nusantara

0
190

EDURA NEWS, JAKARTA – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) bersama Yayasan Atma Nusvantara Jati (Atsanti Foundation) gelar Lomba Inovasi Musik Nusantara (Linmtara) 2021.

Linmtara 2021 digelar untuk memajukan musik nusantara. Dalam momen ini, Kemendikbudristek mengajak pegiat musik untuk berinovasi dan berkreasi dalam musik nusantara, sebagai bentuk pelestarian budaya bangsa di tengah banyaknya tantangan budaya global.

Direktorat Perfilman, Musik, dan Media Baru (PMMB) Kemendikbudristek menjadi inisiator dan fasilitator rangkaian kegiatan Linmtara 2021 ini. Kegiatan ini dimulai dengan digelarnya webinar bertajuk “Eksistensi Musik Nusantara dalam Perspektif Konservasi dan Inovasinya” pada Kamis, (1/7).

“Kami mengajak seluruh insan musik Tanah Air, terutama pegiat musik tradisi, untuk berkreasi dalam menciptakan lagu baru yang akan memperkaya variasi bentuk musik Nusantara. Kami ingin menjelajahi berbagai kemungkinan interaksi musik Nusantara di tengah era digital dengan tetap memperhatikan basis identitas budaya bangsa yang beragam,” ujar Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek Hilmar Farid, dilansir dari Republika.co.id.

Pendaftaran lomba Linmtara 2021 dibuka sejak tanggal 1 Juli 2021 sampai 31 Agustus 2021. Dalam Linmtara 2021 ini, peserta lomba diwajibkan menciptakan lagu menggunakan seutuhnya musik tradisi nusantara atau juga bisa mengolaborasikan musik tradisi dengan instrumen non-tradisi dengan presentase maksimal 25 persen.

Sumber: Republika.co.id