Tokoh Pendidikan UNJ, Prof. Conny R. Semiawan Meninggal Dunia

0
261

EDURA NEWS, JAKARTA –  Prof. Conny R. Semiawan, rektor Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Jakarta (sekarang Universitas Negeri Jakarta) periode 1984-1992 meninggal dunia pada Kamis, (2/7). Ia mengembuskan nafas terakhirnya di RS. Siloam Mampang, Jakarta Selatan, pada 1 Juli 2021 pukul 09.21 WIB.

Jenazah rektor perempuan pertama di Indonesia tersebut dimakamkan di Taman Pemakaman Umum Jeruk Purut, Jakarta Selatan.

Prof. Conny R. Semiawan lahir di Ngawi, Jawa Timur, pada 6 November 1930. Ia merupakan penulis dan tokoh pendidikan dengan kompetensi pedagogi. Selain rektor, ia juga guru besar pada Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

Prof. Conny merupakan salah satu peraih gelar doktor pertama di Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Jakarta. Ia meraih gelar doktor pada 1978 bersama Ahmad Subroto, dua tahun setelah IKIP Jakarta membuka program doktor pada 1976.

Kemudian pada tahun 2015 Prof. Conny menerima penghargaan dari UNESCO yang diberikan kepada tokoh nasional yang berjasa di bidang pendidikan, kebudayaan, sains, dan komunikasi.

“Kami keluarga besar UNJ merasa kehilangan atas  kepulangan Prof. Conny R. Semiawan ke rahmatullah. Beliau adalah guru dan pendidik yg memiliki pemikiran besar dalam memajukan pendidikan nasional. Pemikiran dan agenda pemajuan pendidikan yg mengutamakan peserta didik dg CBSA menjadi milestone perubahan paradigma  pendidikan modern Indonesia,” tutur Rektor UNJ Prof. Komarudin, M.Si.

Prof. Komarudin mengungkapkan terima kasihnya kepada Prof. Conny atas dedikasinya yang sangat luar biasa melalui berbagai karya-karya pemikiran untuk kemajuan dunia pendidikan di Indonesia, khususnya IKIP Jakarta sekarang menjadi UNJ.

“Selamat Jalan Guru Bangsa. Dedikasimu dalam dunia pendidikan akan selalu kami kenang,” ujarnya.