SMPN 10 Kota Magelang Kembangkan Program Entrepreneur School

0
400

 EDURA NEWS, JAKARTA – SMP Negeri 10 Magelang, Jawa Tengah memiliki program unik, yakni Entrepreneur School. Program Entrepreneur School bertujuan mengembangkan minat entrepreneur peserta didik dan membentuk karakter siswa menjadi pribadi yang religius, jujur, dan mandiri. Hal tersebut tertuang dalan slogan program ini, “Sekolah Calon Pengusaha Berkarakter dan Mandiri”.

Entrepreneur School menjadi ekstrakulikuler wajib. Program tersebut dibagi menjadi beberapa bidang, di antaranya tata boga, agro bisnis dan ternak ikan, voli, seni karya, tata busana, sinematografi.

Program ini diinisiasi oleh Kepala SMP Negeri 10 Magelang Fatin Mahdalina S.Pd yang mulanya adalah anjuran dari Dinas Pendidikan bahwa setiap sekolah negeri harus memunculkan keunggulan sekolahnya.

Dilansir dari Siedoo.com, Kepala SMP Negeri 10 Magelang Fatin Mahdalina S.Pd mengatakan adanya program ini agar para siswa bisa berkembang, punya keterampilan, bisa berwirausaha, bisa mandiri, serta tidak bergantung untuk harus menjadi pegawai negeri dan sejenisnya. Dengan keterampilan ini, siswa dapat membantu ekonomi keluarga.

Ada beberapa kegiatan dalam program ini, salah satunya Market Day. Dalam acara Market Day yang akan digelar sebulan sekali ini para siswa belajar berbisnis, mereka dapat memasarkan produk yang telah mereka buat. Sementara di luar jam sekolah, para siswa akan diperkenalkan bisnis menjadi reseller. Dalam agenda ini mereka menjual produk yang mereka beli dari penjual lain.

Selain itu, ada kegiatan Kelas Inspirasi dan Kunjungan Industri. Kelas Inspirasi menghadirkan berbagai narasumber sebagai guru tamu, mereka adalah alumni atau para pengusaha muda. Adanya kelas ini harapannya akan menjadi motivasi bagi para siswa. Dalam kegiatan Kunjungan Industri, para siswa akan diajak mengunjungi kawasan-kawasan industri dalam rangka mendapat pengetahuan dan mempelajarinya untuk keterampilan mereka.

SMP Negeri 10 Kota Magelang juga memiliki green house dan kolam ikan. Keduanya akan dimanfaatkan untuk Entrepreneur School di bidang agro bisnis dan ternak ikan. Selain keterampilan-keterampilan tersebut, sekolah juga mengajarkan bagaimana menjadi entrepreneur dalam era industri 4.0.

Para siswa diajarkan mengenai digitalisasi sebagai bekal mereka untuk mengembangkan wirausahanya. Tidak sampai di situ, para siswa juga diajari strategi-strategi penjualan produk mereka, salah satunya strategi pengiklanan.

Dengan adanya serangkaian kegiatan tersebut harapannya akan menumbuhkan jiwa entrepreneur para siswa, seperti inovatif, kreatif dan pantang menyerah.

Sumber: Siedoo.com