Hadirkan Pembicara Konferensi Internasional Terbanyak dari 37 Negara, UNJ Raih Rekor MURI

0
50

EDURA NEWS, JAKARTA – Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dianugerahi penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) dengan mengadakan konferensi internasional yang menghadirkan 76 pembicara dari 37 negara di 5 benua.

Pada 10-13 Juni 2021, UNJ menjadi tuan rumah Virtual International Conference of Physical Education and Sports Science ke-6 (6th Virtual ICPESS 2021). ICPESS merupakan konferensi internasional mengenai Pendidikan Jasmani dan Ilmu Keolahragaan.

Konferensi internasional yang digelar Pascasarjana UNJ ini bekerja sama dengan Foundation for Global Community Health (GCH). Tema dari kegiatan ini adalah “Active Living Through Exercise and Sports Science: Future Trend For Global Creativity and Sustainability“. Tujuannya untuk mendukung 17 United Nation Sustainable Goals khususnya tujuan ketiga, yakni Health and Well-Being dan Quality Education.

Rektor UNJ Prof. Komarudin, M.Si menyatakan bahwa ICPESS memiliki peran penting dalam menyiapkan SDM unggul dalam menjawab tantangan masa depan dengan mempromosikan kehidupan yang berkelanjutan. Dalam konferensi ini, ide dan gagasan yang berkontribusi terhadap kemajuan pendidikan di bidang Pendidikan Jasmani dan Ilmu Olahraga.

“Harapannya konferensi ini bisa mengakomodasi penemuan penelitian pendidikan jasmani, olahraga, dan ilmu kesehatan,” tutur Prof. Komarudin, M.Si.

Direktur Pascasarjana UNJ Prof. Nadiroh menyatakan konferensi ini memiliki tujuan yang penting tidak hanya untuk fisik, namun juga untuk mental. Dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang sehat, ujarnya. Hal tersebut penting untuk membangun kualitas SDM Indonesia.

“ICPESS 2021 bisa terselenggara karena dukungan dan kerja sama dari berbagai pihak. Dalam kesempatan ini, saya ingin mengapresiasi rektor Universitas Negeri Jakarta, wakil rektor, wakil direktur program Pascasarjana, kepada sponsor BNI, Pegadaian, BRI, Mandiri, dan jangan lupa Edura TV, semua sponsor, dan jangan lupa Dispora Jakarta dan Pemerintah DKI Jakarta,” ungkap Prof. Nadiroh.

Konferensi internasional ini berhasil mengumpulkan 259 artikel yang telah dibahas melibatkan 6 keynote, 7 invited speaker, 10 simposium yang melibatkan 45 pembicara, 15 future leader volunteer (FLV) dan 8 parallel session yang membahas semua artikel dari seluruh belahan dunia yang semua merupakan para ahli dalam bidang Pendidikan Jasmani dan Ilmu Olahraga.