UNJ Gelar Halal Bihalal Secara Virtual

0
73

EDURA NEWS, JAKARTA – Masih dalam momen Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Universitas negeri Jakarta (UNJ) menggelar halal bihalal secara virtual pada Rabu (19/5). Halal bihalal UNJ kali ini bertajuk “Kokohkan SIlaturahmi, Wujudkan UNJ Unggul dan Bereputasi”.

Acara ini dihadiri oleh Rektor UNJ Prof. Komarudin, M.Si, Ketua Senat UNJ Prof. Hafid Abbas, para Wakil Rektor, dan Ketua Komisi Dakwah MUI K.H. Muhammad Cholil Nafis  yang akan memberikan ceramah pada halal bihalal kali ini, menggantikan Menteri Agama RI H. Yaqut Cholil Qoumas yang berhalangan hadir.

Prof. Komarudin, M.Si dalam sambutannya menyampaikan ucapan syukur atas terlaksananya halal bihalal untuk seluruh civitas UNJ. Ia mengatakan ini adalah momen yang istimewa karena bertepatan dengan momentum puncak penyelenggaraan Dies Natalis UNJ ke-57 yang akan dilaksanakan esok hari.

Ia menjelaskan halal bihalal secara sosio-historis, menurutnya halal bihalal berasal dari kearifan lokal dan kebesaran budaya bangsa Indonesia. Secara resmi, kegiatan halal bihalal pertama kali dilaksanakan pada tahun 1948 oleh Presiden Soekarto atas inisiasi KH. Wahab Abdullah dengan tujuan menguatkan persatuan bangsa.

Kali ini adalah kedua kalinya UNJ mengadakan halal bihalal secara virtual karena Indonesia masih berjuang melawan pandemi COVID-19.

“Kondisi pandemik ini janganlah sampai mendistorsi jalinan keintiman kita sebagai manusia. Sebaliknya harus mampu mendorong kita agar lebih kreatif dan inovatif dalam merajut komunikasi, interaksi, dan mengokohkan ikatan sosial atau kebersamaan sebagai anak bangsa,” ujar Prof. Komarudin, M.Si.

Prof. Komarudin, M.Si berharap acara ini dapat menjadi momentum untuk merajut silaturahmi, kebersamaan, dan perekat seluruh civitas UNJ untuk  lebih meningkatkan sinergitas menuju era UNJ sebagai kampus yang unggul dan berprestasi, baiks ecara nasional maupun internasional

Sebelum mengakhiri sambutannya, ia menyerukan jargon “Bersama kita jaya, bersatu kita maju.”