Pascasarjana UNJ Akan Jadi Tuan Rumah Virtual International Conference of Physical Education and Sports Science (ICPESS) ke-6

0
266

EDURA NEWS, JAKARTA – Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (UNJ) bekerja sama dengan Foundation for Global Community Health (GCH) akan mengadakan Virtual International Conference of Physical Education and Sports Science ke-6 (6th Virtual ICPESS 2021). Virtual ICPESS ke-6 ini akan diadakan pada tanggal 10-13 Juni 2021 mendatang di Jakarta, Indonesia.

ICPESS ke-6 akan menghadirkan 76 pembicara terbaik dari 36 negara. Acara yang akan berlangsung selama empat hari tersebut diadakan secara virtual mengingat pandemi COVID-19.

Tema konferensi virtual ICPESS yang ke-6 ini adalah mendukung 17 United Nation Sustainable Goals khususnya tujuan ketiga, yakni Health and Well-Being dan Quality Education. Tujuan dari konferensi interdisipliner ini adalah meningkatkan kualitas hidup melalui aktivitas fisik dan olahraga dari lokal hingga global.

Direktur Pascasarjana Prof. Dr. Nadiroh, M.Pd mengatakan bahwa acara ini didukung oleh berbagai lembaga, di antaranya LPDUK Kemenpora RI, Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BNI, Pegadaian, serta berbagai instansi lain.

Menurut Prof. Dr. Nadiroh, M.Pd, konferensi internasional kali ini akan berpotensi untuk mendapatkan rekor MURI karena menjadi konferensi internasional terbesar, tidak hanya di Indonesia tetapi juga di dunia.

“Ini penting membangun akreditasi internasional karena program unggulan Pendidikan Jasmani program sarjana, magister, dan doktor menuju akreditasi internasional, sehingga harus bergaul dengan dunia global,” ujar Prof. Dr. Nadiroh, M.Pd.

Terkait persiapan, Assist. Prof. Dr. BROJO Susilo sebagai panitia penyelenggara ICPESS 2021 mengatakan persiapan yang dilakukan telah 95 persen. UNJ memiliki standar persiapan acara minimal satu setengah tahun, sehingga acara ini telah disiapkan sejak tahun lalu.

“Seluruh pembicara sudah confirm, scientific program sudah oke, abstrak sudah masuk, sudah direview dan sudah dikembalikan. Sekarang kita hanya tinggal siap menerima full paper,” jelasnya.

Ia mengatakan telah ada 246 orang yang telah mengirim artikel. 44 artikel terpilih akan dipublikasi di The Journal of Physical Education and Sport (JPES) yang terindeks Scopus. Artikel-artikel lainnya akan dipublikasi di jurnal internasional Q3 atau alternatif lainnya jurnal nasional Sinta 3 dan Sinta 4.

Tahun ini adalah kali kedua UNJ menjadi tuan rumah konferensi internasional ICPESS. Pada tahun 2015, UNJ telah menyelenggarakan 4th International Conference of Physical Education and Sports Science dengan tuan rumah Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) UNJ. Saat itu ada 24 negara dari 3 benua yang hadir.

“Kita buktikan bawa UNJ memberikan standarisasi how to make international conference,” pungkas Assist. Prof. Dr. BROJO Susilo.