UNJ Teken Nota Kesepahaman Bersama dengan KBRI Tokyo Jepang untuk Peningkatan Mutu Pendidikan

0
89

EDURA NEWS, JAKARTA – Untuk meningkatkan mutu pendidikan, Universitas Negeri Jakarta (UNJ) melakukan Penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama tentang Peningkatan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia melalui Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo, Jepang pada 6 Mei 2021.

Selain UNJ, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) juga teken nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama tersebut dengan hadirnya Rektor Untirta Prof. Dr. Ir.H. Fatah Sulaiman, ST., MT beserta jajaran.

Duta Besar Indonesia di Tokyo Jepang Heri Akhmadi dalam sambutannya menyampaikan sangat menghargai ajakan kerja sama dari UNJ dan Untirta tersebut. Kerja sama ini juga dilakukan untuk mendukung program Merdeka Belajar yang dicanangkan oleh pemerintah Indonesia.

“Ke depan KBRI juga akan berupaya mendorong dan menjembatani terwujudnya kerjasama antara UNJ dan Untirta dengan perguruan tinggi atau institusi penelitian di Jepang dalam upaya implementasi program Merdeka Belajar,” ujarnya menutup sambutan.

Rektor UNJ Prof. Komarudin, M.Si menyampaikan perguruan tinggi harus responsif dalam melahirkan SDM yang unggul, adaptif, kompetitif dan berkarakter sesuai dengan tuntutan kompetensi abad 21. Maka dari itu, UNJ sangat menyambut positif program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, kebijakan ini akan mendekatkan perguruan tinggi kepada masyarakat.

Upaya UNJ mempercepat realisasi MBKM untuk mewujudkan lulusan yang kompeten ini adalah dengan terus memperluas kemitraan dengan berbagai institusi, baik dalam dan luar negeri, termasuk kerja sama dengan KBRI di Tokyo Jepang ini.

Lebih lanjut, ia menyampaikan bahwa cara menghasilkan lulusan yang kompeten adalah dengan memerikan pengalaman belajar di luar kampus atau memperluaskan kesempatan magang. Salah satunya dengan menautkan mahasiswa dengan para siswa PAUD, SD, SMP, dan SMA yang ada di Sekolah Republik Indonesia Tokyo (SRIT).

“Kami juga berharap para guru di SRIT dapat menjadi mitrauntuk penelitian terkait pembelajaran,” tuturnya.

Penandatanganan kerja sama dengan KBRI Tokyo Jepang dari pihak UNJ dilakukan oleh Rektor UNJ, Prof. Dr. Komarudin, M.Si., dan Dekan Fakultas Bahasa dan Seni, Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd.