Pendidikan Untuk Meningkatkan EQ dan SQ

0
351

EDURA NEWS, JAKARTA – UNJ mengadakan Sekolah Kebangsaan dan Peradaban yang bertajuk  “Menjadi mahasiswa Indinesia Unggul & Kontributif bagi Peradaban” pada 5 Mei 2021. Dalam acara ini dihadirkan Dr. KH. DB. Abdul Wahib Maktub untuk membahas mengenai upaya meningkatkan EQ dan SQ melalui literasi ramadhan. Acara ini merupakan seri kedua dari Sekolah Kebangsaan dan Peradaban.

Rektor UNJ Prof. Dr. Komarudin, M.Si memberikan sambutan dan membuka acara ini dengan banyak menjelaskan pentingnya kecerdasan emosional. Ia mengatakan bahwa topik mengenai kecerdasan emosional atau kecerdasan spiritual ini akan sangat besar manfaatnya. Kecerdasan tersebut bisa menjadi senjata untuk berinteraksi dan memberi manfaat sebesar-besarnya kepada sesame.

“Kita tahu bahwa kesuksesan seorang pembelajar tidak hanya ditentukan oleh kecerdasan IQ semata, tapi juga kecerdasan emosial. Di Indonesia dikenal dengan kecerdasan spiritual,” ujarnya.

Berdasar pada penelitian Daniel Goleman, ia menyatakan bahwa mahasiswa yang IPKnya tinggi di kampus belum tentu berhasil dalam hidup bermasyarakat. Namun justru mereka yang memiliki kecerdasan emosional atau kecerdasan spiritual yang banyak berhasil di dalam kehidupan, khususnya di dunia kerja.

Kemudian Prof. Dr. Komarudin, M.Si mengutip tujuan pendidikan nasional yang termaktub dalam UU Sistem Pendidikan Nasional pasal 3 ayat 1. Tujuan pendidikan adalah untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

“Oleh karena itu, kita harus senantiasa berusaha di dalam penyelenggaraan pendidikan untuk mengedepankan peningkatan keimanan, takwa termasuk akhlak mulia di dalamnya,” tutur Prof. Dr. Komarudin, M.Si sebelum membuka secara resmi acara ini.

Sekolah Kebangsaan dan Peradaban kali ini dilaksanakan di Aula Maftuchah Yusuf Geudng Raden Dewi Sartika, serta disiarkan di aplikasi Zoom Meeting dank anal Youtube Kemahasiswaan UNJ Channel.