Raih Akreditasi Unggul dan Mengejar Akreditasi Internasional, UNJ Bertekad Menuju PTN-BH

0
206

EDURA NEWS, JAKARTA – Keberhasilan UNJ dalam meraih Akreditas Unggul pada 2 Februari 2021 berdasarkan Surat Keputusan BAN-PT NO. 45/SK/BAN-PT/Akred/PT/II/2021 melalui persiapan yang panjang. Rektor UNJ Prof. Dr. Komarudin, M.Si mengatakan perisapan pengumpulan data dimulai sejak 2017 sampai 2020.

Selain itu dengan visi UNJ menjadi kampus bereputasi di kawasan Asia, UNJ juga tengah melakukan persiapan Akreditasi Internasional untuk  21 program studi dan terus bergerak mencapai status PTN-BH.

Pencapaian UNJ dalam meraih Akreditasi Unggul bukan tanpa kesulitan. Adanya perubahan mengenai 9 standar akreditasi saat itu membuat UNJ harus memperbaharui data yang dikumpulkan dengan format yang baru. Perharuan data terjadi di Laporan Evaluasi Diri maupun di Laporan Kinerja Perguruan Tinggi (LKPT).

Terus berupaya meningkatkan mutu, UNJ tidak hanya puas hanya sampai meraih Akreditasi Unggul. UNJ tengah melakukan upaya untuk persiapan Akreditasi Internasional.

Rektor UNJ Prof. Dr. Komarudin, M.Si mengatakan, “Akreditasi Internasional dilakukan dalam rangka memenuhi dua target besar kita. Pertama, memenuhi target indikator kerja utama yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebududayaan, karena pada tahun kemarin kita masih nol. Maka tahun ini kita harus berusaha sebaik-baiknya. Taret kedua memenuhi kriteria dalam upaya mencapai PTN-BH.”

Akreditasi Internasional menjadi jalan agar UNJ terus melesat mencapai status PTN-BH. Program studi yang akan terakreditasi internasional adalah 11 program studi magister, 9 program studi doktor, dan 1 program studi sarjana. Visitasi Akreditasi Internasional ini akan dilakukan oleh The Agency for Quality through Accreditation of Study Programs (AQAS), sebuah lembaga akreditasi yang berpusat di Jerman.

Dengan bekal Akreditasi Unggulan sebanyak 46 persen ditambah Akreditasi Internasional yang akan dicapai 21 program studi, Rektor UNJ Prof. Dr. Komarudin, M.Si berharap besar UNJ akan mencapai status PTN-BH. Optimisme ini juga dilontarkan oleh Direktur Pascasarjana UNJ Prof. Nadiroh, M.Pd.

Prof. Nadiroh, M.Pd berharap jika UNJ telah mendapat Akreditasi Internasional, seluruh civitas akademika UNJ tetap menjaga budaya mutu yang telah ditanamkan. “Budaya mutu ini adalah sesuatu yang sulit namun bisa dilakukan apabila kita semua punya komitmen, punya semangat dan disiplin. Cita-citanya satu mencapai visi UNJ, reputasi di kawasan Asia,” tutur Prof. Nadiroh, M.Pd kepada Eduranews.