Sekolah Adiwiyata Memupuk Karakter Peduli Lingkungan Pada Anak

0
3261

EDURANEWS, JAKARTA: Sebanyak 31 sekolah dasar, sekolah menengah pertama, dan madrasah tsanawiyah Kota Surabaya, Jawa Timur, lolos seleksi calon Sekolah Adiwiyata Tahun 2021. Sekolah Adiwiyata adalah berintikan penanaman kepedulian terhadap lingkungan sejak dini.

Kepala Seksi Peningkatan Kualitas dan Penyuluhan Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup Kota Surabaya, Dyan Prasetyaningtyas, di Surabaya, mengatakan bahwa pada tahun 2021 penilaian dalam seleksi calon Sekolah Adiwiyata mencakup aspek perencanaan, pelaksanaan, dan pemantauan atau monitoring-evaluasi.

“Sistem penilaian calon Sekolah Adiwiyata Tahun 2021 dengan Tahun 2020 masih sama, yakni dilakukan melalui daring,” katanya. Dyan mengatakan bahwa ada 41 lembaga pendidikan di Surabaya yang mengikuti seleksi calon Sekolah Adiwiyata tahun 2021.

“Total tahun ini ada 41 sekolah yang mengajukan. Tapi yang dinyatakan lolos 31 sekolah. Jadi penambahan untuk Sekolah Adiwiyata Kota Surabaya Tahun 2021 sebanyak 31 lembaga pendidikan,” kata Dyan.

Dyan menjelaskan, sekolah yang tidak lolos seleksi umumnya belum bisa memenuhi persyaratan administrasi. “Pada penilaian Adiwiyata yang awal sendiri adalah administrasi. Begitu administrasi sudah tidak bagus, sudah tidak memenuhi kriteria, kita tidak bisa melanjutkan ke verifikasi teknis. Memang kebanyakan lepasnya di verifikasi administrasi, khususnya di perencanaan,” kata dia.

Di sekolah adiwiyata sejak dini anak-anak sudah diberikan pemahaman peduli lingkungan.