Obituari Ng Man-tat : Humor-Humor bagi Dunia Pendidikan

0
1188

Ng Man-tat atau Paman Tang adalah aktor legendaris Hongkong. Wajah kocaknya di layar kaca televisi turut mewarnai humor di Indonesia. Bagi generasi 90-an, Paman Boboho ini menjadi memorabilia tersendiri melalui tingkah kocak, dialog yang humoris, dan wajah lucu yang membuat orang terpingkal-pingkal. Dari film-film yang dibintanginya banyak memiliki unsur-unsur pendidikan yang dapat dicermati.

EDURANEWS, JAKARTA- Eduranews merangkum pelbagai film yang pernah diperankan oleh Paman Tang. Film-film ini selain memiliki sisi humor yang tinggi juga bisa menjadi bagian humor yang sarat makna bagi dunia pendidikan. Dari Ng Man-tat kita bisa mempelajari bahwa Humor bisa menjadi bagian dari pendidikan.

Di film-filmnya Ng-Mang-tat sering menjalankan peran sebagai guru, teman, pengasuh anak, murid shaolin. Paman Tang ini kerap menjadi orang bodoh sekaligus humoris. Atau lebih tepatnya pintar-pintar bodoh nan humoris. Karakter humoris inilah yang terkadang bisa menjadi inspirasi bagi guru juga dalam mengajar selain harus memiliki pengetahuan. Ng-Man-tat juga adalah seorang aktor totalitas yang akan memberikan peran terbaik di setiap film-film yang dibintanginya.

Fight Back to School (1991)

Salah satu film terlaris yang diperankan oleh Ng Mang-tat ini menjadi film yang sangat populer. Bersama partner in crime Stephen Chows, Ng Mang-tat menjadi polisi samaran dalam mengungkap kasus. Meskipun mencoba menjadi seorang yang sangat serius, di film ini Ng Mang-tat menjadi orang yang sangat kocak sering membantu Stephen Chow dalam penyamarannya.

Trouble Maker (1995)

Tat penjaga sekolah yang miskin itu mencoba menjadi guru bagi murid-murid bengal kelas 5 D. Sebelum mendaftar Tat belajar ilmu Kungfu. Murid di kelas itu sering jail bagi guru yang berani mengajar di kelas ini. Jebakan dari murid-murid bengal ini sudah dipersiapkan; ember yang berisi air, jebakan kaki, sampai dengan jebakan tinju. Tat mengubah siswa yang tadinya sulit diatur menjadi murid yang teratur.

Shaolin Popeye (1994-1996)

Film ini adalah film yang paling diingat oleh generasi 90-an. Film serial 2 dan 3 ini menghadirkan peran Ng Mang-tat sebagai murid senior dari perguruan shaolin. Messy Temple (1994) dan Dragon From Shaolin (1996) menjadi film yang dibintangi Ng Mang-tat. Humor-humor yang disampaikan lewat percakapan, perbuatan dan juga aksinya dalam kungfu mengocok perut penonton. Di film Missey Temple misalnya, ia membawa murid baru ke perguruan shaolin sebagai hadiah bagi gurunya yang ternyata sangat santai ketika mereka menjalankan misi. “Apa keahlianmu,? tanya sang Guru, “Kami tidak bisa menerimamu jika tidak punya keahlian,” lanjut Gurunya. perkataaan