Obituari Prof. Syarifuddin Tippe : Tentara cum Akademisi Bidang Manajemen Strategis

0
345

EDURANEWS, JAKARTA- UNJ berduka telah kehilangan tentara cum akademisi Prof. Syarifudin Tippe. Beliau dimakamkan Minggu 14 Februari 2021 di Taman Makam Pahlawan Nasional (TMP) Kalibata, Jakarta. 

Diketahui, Prof. Syarifudin Tippe lahir di Sinjai, Sulawesi Selatan 7 Agustus 1953. Prof. Syarifuddin Tippe adalah seorang purnawirawan perwira tinggi Angkatan Darat lulusan Akademi Militer tahun 1975. 

Tercatat karir militer  Prof. Syarifudin Tippe pernah menjabat sebagai Kasum TNI dan Wakil KSAD. Prof. Syarifuddin juga Pangdam/II Sriwijaya yang ke 30. 

Prof Syarifuddin Tippe juga turut menjadi bagian dalam rombongan yang ikut mensukseskan perjanjian Helsinki pada 15 Agustus 2005. Kala itu Prof. Syarifuddin Tippe adalah tentara aktif satu-satunya yang  menjadi bagian  dari wakil Indonesia. Pemulihan dengan jalan damai di Aceh terus didengungkan oleh Prof. Syarifuddin Tippe. 

Guru Besar UNJ Bidang Manajemen Strategis

Dalam bidang akademik Prof. Syarifuddin Tippe adalah pendiri sekaligus rektor pertama Universitas Pertahanan (UNHAN).  Prof. Syarifuddin Tippe juga lulusan doktor dari UNJ. Home Base pertama Prof. Syarifuddin Tippe setelah alih status dari anggota TNI AD menjadi Dosen PNS di Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi UNJ. Prof. Syarifuddin Tippe memiliki keahlian penelitian dalam bidang pertahanan militer, manajemen strategis dan Sumber Daya Manusia (SDM).

Dies Natalis ke 52 UNJ, Prof. Syarifuddin Tippe ditetapkan sebagai guru besar dalam bidang Manajemen Strategik. Beliau membawakan Orasi ilmiah berjudul “Redesain Bela Negara dalam Sistem Pendidikan Nasional Perspektif Manajemen Strategis”. Prof. Syarifuddin Tippe menjelaskan mengenai pentingnya  menumbuhkan cinta tanah air bagi generasi muda. Pemupukan itu dapat dijalankan dengan mengelola secara strategis dalam kurikulum pendidikan nasional pada semua jenjang pendidikan.

Selamat Jalan Prof. Syarifuddin Tippe, pengabdian di bidang akademik dan penelitian Manajemen Strategis menjadi bunga yang akan terus berkembang dan kami rawat di civitas akademika khususnya Universitas Negeri Jakarta.