Ekologi Sebagai Urban Campus, UNJ Berusaha Mewujudkan Green Campus

0
426

EDURANEWS, JAKARTA– Kampus menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari perkembangan kota itu sendiri. Kampus memiliki peran dalam menciptakan kenyamanan dalam belajar di sebuah kota. Dalam hal ini kampus dapat mengadopsi konsep Green Campus.

Yakni konsep yang secara ekologis menerapkan keberlangsungan lingkungan dan warga kampus di dalamnya menjadi bagian dalam ekosistem keberlanjutan.

UNJ yang berada tepat di jantung ibukota DKI Jakarta juga ingin mewujudkan sebagai Green Campus.  Dalam penerapannya UNJ akan menerapkan prinsip-prinsip ekologis, baik dalam tataran keilmuan, metodologis, dan praksisnya. Pengetahuan keilmuan inilah yang menjadi kunci dalam mewujudkan Green Campus

Praktik-praktik ekologis yang sudah dilakukan UNJ diantaranya; pembuatan sumur resapan untuk mencegah banjir, penghijauan, kampanye hemat air, pengurangan penggunaan plastik, serta sosialisasi kebencanaan.

Kegiatan ini menjadi penting agar menjadi pondasi secara praktikal bagaimana UNJ mewujudkan secara keberlanjutan ekologis.

Kajian akademik dan metodologi  secara keilmuan ditambah dengan praktik ekologis ini kedepannya menjadi turning point UNJ akan berkembang menjadi Urban Campus. UNJ akan menerapkannya diberbagai elemen menjadi building green, eco-campus dan smart campus berbasis ekologis. 

Tidak hanya pengembangan ekologis secara internal kampus, UNJ juga akan mengembangkan dan mengintegrasikan pemukiman sekitar kampus sebagai bagian dari rancangan Urban Campus yang berkelanjutan secara ekologis.  

Fotografer : Muhammad Arif