PENDIDIKAN TRANSFORMATIF DAN BERKELANJUTAN DI INDONESIA: PEMIKIRAN PENDIDIK UNJ UNTUK INDONESIA
Keberagaman tema dalam buku ini justru menjadi kekuatan utama, karena
memperlihatkan bahwa persoalan pendidikan tidak dapat disederhanakan
dalam satu perspektif tunggal. Sebaliknya, pendidikan harus dipahami
sebagai ruang multidimensional yang memerlukan pendekatan lintas
disiplin, kolaboratif, dan reflektif. Setiap tulisan memberikan wawasan
baru, memperkaya diskursus pendidikan Indonesia, serta membuka
kemungkinan-kemungkinan solusi yang inovatif dan kontekstual sesuai
dengan kebutuhan zaman.
Dengan demikian, buku ini bukan hanya menjadi dokumen akademik,
tetapi juga menjadi cermin kepedulian dan keberpihakan para akademisi
terhadap masa depan pendidikan Indonesia. Saya percaya bahwa karya ini
dapat menjadi referensi penting bagi para pendidik, pembuat kebijakan,
dan seluruh pemangku kepentingan pendidikan dalam merumuskan arah
dan strategi pendidikan yang lebih baik untuk generasi mendatang.
( Prof. Dr. Komarudin., M.Si)