Lokakarya Penyusunan Dokumen AQAS Tahap IV Pascasarjana UNJ, Progres Persiapan Semakin Positif

0
296

EDURANEWS, JAKARTA – Akreditasi sebuah lembaga pendidikan mutlak diperlukan sebagai ukuran kualitas. Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (UNJ) berupaya melakukan akreditasi tingkat internasional melalui lembaga akreditasi asal Jerman, The Agency for Quality Assurance through the Accreditataion of Study Programmes (AQAS).

AQAS merupakan salah satu agensi akreditasi independen dan profesional asal Jerman yang memiliki reputasi di dunia. Tujuan dari akreditasi tersebut bertujuan jangka panjang untuk membawa UNJ menjadi Worl Class University dengan visi “Menjadi pusat pembelajaran berbasis penelitian tingkat pascasarjana yang bereputasi di kawasan Asia”.

Dalam rangka itu, Pascasarjana UNJ menyelenggarakan Lokakarya Penyusunan Dokumen AQAS Tahap IV. Dalam lokakarya kali ini progres persiapan semakin positif. Sebelum acara ini berlangsung sudah terlebih dahulu dilangsungkan Lokakarya Penyusunan Dokumen AQAS mulai dari Sesi I s/d III. 

Agenda yang dibahas adalah kemajuan dan review self evaluation report (SER) per cluster. Acara berlangsung selama dua hari Rabu dan Kamis (13.00 s/d 16.00 WIB). Acara dilangsungkan secara offline (Ruang Rapat Lt. 5 Pascasarjana) dan online melalui aplikasi Zoom. Narasumber antara lain Prof. Dr. Nadiroh, M.Pd., Dr.rer.nat. Nandi, S.Pd., M.T.M.Sc., dan Dr. Faisal Madani, M. Sc. Ed.

Direktur Pasacasarjana Prof. Dr. Nadiroh, M.Pd. sangat mendorong persiapan ini dapat dijalankan dengan baik dengan bantuan reviewer. Ia menambahkan akreditasi AQAS diharapkan dapat menjadikan lulusan Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta akan diakui secara Nasional, Regional dan Internasional. 

“Semua prodi Magister dan Doktor memenuhi standar kualitas internasional dan standar akreditasi,” tutur Nadiroh.

Pascasarjana UNJ melakukan persiapan untuk akreditasi 18 Program studi yang ada (Teknologi Pendidikan S2 dan S3, Pendidikan Sejarah S2, Pendidikan Dasar S2 dan S3, Pendidikan Olahraga S2 dan S3, Pendidikan Bahasa S2, Linguistik Terapan S2, Ilmu Pendidikan Bahasa S3, Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup S2 dan S3, Manajemen Lingkungan S2, Penelitian dan Evaluasi Pendidikan S2 dan S3, Pendidikan Anak Usia Dini S2 dan S3, Manajemen Pendidikan S2 dan S3 serta Ilmu Manajemen S3).

Direktur Pascasarjana juga menegaskan bahwa manfaat dari akreditasi Internasional merupakan pengakuan terhadap lembaga pendidikan yang diberikan oleh badan yang berwenang sebagai hasil penilaian bahwa lembaga tersebut telah memenuhi syarat maupun kriteria mutu yang ditetapkan. 

“Akreditasi ini juga merupakan langkah dalam merespon kebijakan Kemendikbud terkait Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar. Di mana salah satu indikatornya adalah tentang akreditasi Internasional,” tambah Nadiroh.

Pascasarjana bertekad menjadi institusi pendidikan tinggi yang juga bertanggung jawab dalam melakukan sinergi dengan berbagai pihak dalam pencapaian akselerasi pencapaian mewujudkan  tujuan  pendidikan berkualitas menuju Indonesia Maju 2045. 

Pascasarjana UNJ yang memiliki kapasitas dan kapabilitas yang memadai dalam membantu dalam memecahkan berbagai permasalan Pendidikan berkualitas di Indonesia.